Minggu, 21 Jul 2024

Gelar Pelatihan CSR, Nusantara Regas Kuatkan Komitmen ESG

Nusantara Regas kuatkan komitmen pemenuhan ESG melalui program pelatihan CSR dan sertikasi selam rescue

ESG Indonesia – Sebagai bagian dari Subholding Gas Pertamina dalam pengelolaan bisnis Liquefied Natural Gas (LNG), PT Nusantara Regas (NR) menjalankan serangkaian program Corporate Social Responsibility (CSR) yang berfokus pada lingkungan, investasi dalam pendidikan dan kesejahteraan masyarakat setempat dalam rangka mendukung keberlanjutan Perusahaan dan komitmen pelaksaan environment, sustainability and governance (ESG).

Pelatihan ini mampu membekali pesertanya dengan kemampuan selam profesional sehingga menjadi modal mereka untuk mendapatkan pekerjaan. Untuk itu NR melanjutkan kegiatan CSR pelatihan selam lanjutan A3 (Rescue Scuba Diving) di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu.

Pelatihan ini diikuti oleh sepuluh orang yang merupakan peserta pelatihan selam tingkat advance sebelumnya. Dalam pelatihan ini, NR berkolaborasi dengan Association of Diving School International (ADSI), selaku instruktur pelatihan selam.

“Salah satu CSR unggulan NR adalah pelatihan selam ini. Banyak dari lulusannya yang telah mendapatkan sertifikasi berhasil mendapatkan pekerjaan dan berdaya bagi lingkungan sekitarnya dan inilah yang membuat kami bangga ,” kata Sekretaris Perusahaan NR, Ratna Dumila dalam keterangannya, beberapa waktu lalu.

Nusantara Regas telah memulai pelatihan selam ini sejak tahun 2018, dengan jumlah total peserta yakni 92 orang dari awal program pelatihan ini dimulai.

Proses seleksi yang ketat harus dijalani oleh calon peserta pelatihan selam lanjutan level A3.

Mereka harus memenuhi persyaratan standar yang telah ditetapkan oleh ADSI, mulai dari mendapatkan sertifikasi selam level A1 (Open Water Scuba Diving), A2 (Advanced Scuba Diving), hingga mencapai level berikutnya, yaitu A3 (Rescue Scuba Diving).

”Proses pemilihan peserta ini dilakukan melalui seleksi. Calon peserta yang memiliki minat tinggi dan keseriusan sengaja yang kami pilih. Kami sangat berterima kasih dengan NR atas konsistensinya untuk memajukan warga pesisir Kepulauan Seribu. Waktu pelaksanaan saat ini sengaja dipilih sebelum musim hujan sehingga gelombang air laut tenang dan jernih,” kata Mansyur, Ketua LKM Panggang Wisata Bahari.

Beberapa lulusan peserta pelatihan selam telah menjadi pegawai BASARNAS, Tenaga las bawah laut, DAMKAR (Penyelamatan Kecelakaan di Laut), hingga tenaga selam teknis di beberapa perusahaan besar.

rich result on google's SERP when searching for 'ESG'
Ilustrasi bisnis startup (Pexels)

Bisnis modern tidak lagi hanya berkutat dengan profit semata. Mereka kini semakin menyadari pentingnya berperan dalam keberlanjutan sosial dan lingkungan. Dalam dunia yang semakin terhubung, citra perusahaan tidak hanya bergantung pada produk atau layanan yang mereka tawarkan, tetapi juga pada bagaimana mereka berpartisipasi dalam tanggung jawab sosial perusahaan atau yang biasa disebut CSR (Corporate Social Responsibility).

CSR mencakup berbagai upaya yang dilakukan oleh perusahaan untuk memberikan kontribusi positif kepada masyarakat dan lingkungan sekitar mereka. Ini bisa berupa program-program filantropi, inisiatif lingkungan, kebijakan kerja yang adil, atau berbagai bentuk kegiatan lainnya yang tidak hanya menguntungkan perusahaan, tetapi juga memberikan manfaat bagi masyarakat luas.

Namun, penting untuk diingat bahwa untuk menerapkan CSR dengan efektif, perusahaan perlu memiliki staf yang terlatih dengan baik. Inilah mengapa pelatihan CSR sangat penting.

Manfaat Pelatihan CSR:

Pengetahuan yang Dalam tentang Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

Sebuah pelatihan CSR yang baik akan membekali karyawan perusahaan dengan pemahaman yang mendalam tentang konsep dan prinsip-prinsip CSR. Mereka akan belajar mengenai berbagai isu sosial dan lingkungan yang relevan, serta bagaimana perusahaan dapat berkontribusi dalam hal ini.

Keterampilan Komunikasi yang Lebih Baik

Salah satu aspek penting dari CSR adalah berkomunikasi secara efektif dengan berbagai pihak, termasuk mitra bisnis, pemerintah, dan masyarakat. Dengan pelatihan yang tepat, karyawan perusahaan dapat belajar cara berkomunikasi dengan baik tentang inisiatif CSR mereka, yang dapat meningkatkan citra perusahaan.

Pengelolaan Proyek CSR yang Efisien

Pelatihan CSR juga melibatkan pengelolaan proyek-proyek CSR. Karyawan akan memahami cara merencanakan, melaksanakan, dan mengukur dampak dari inisiatif CSR mereka. Ini penting untuk memastikan bahwa upaya CSR berjalan lancar dan memberikan manfaat yang signifikan.

Pengenalan Kepada Peraturan dan Pedoman CSR

Beberapa negara memiliki peraturan dan pedoman yang berkaitan dengan CSR. Pelatihan CSR akan memastikan bahwa perusahaan memahami dan mematuhi semua aturan ini, sehingga menghindari masalah hukum dan reputasi yang dapat merugikan.

Perbedaan ESG dan CSR
Ilustrasi kantor (Pexels)

Motivasi Karyawan

Ketika karyawan merasa terlibat dalam upaya CSR perusahaan, mereka cenderung lebih termotivasi. Mereka melihat bahwa pekerjaan mereka memiliki dampak positif, yang dapat meningkatkan moral dan produktivitas mereka.

Keunggulan Kompetitif

Perusahaan yang terlibat dalam CSR dengan baik dapat memiliki keunggulan kompetitif. Masyarakat dan konsumen semakin memilih untuk mendukung perusahaan yang bertanggung jawab secara sosial dan lingkungan. Dengan pelatihan CSR, perusahaan dapat mengoptimalkan manfaat ini.

investasi hijau SRI
Ilustrasi investasi hijau SRI (Pexels)

Memastikan Pelatihan CSR yang Sukses

Untuk memastikan pelatihan CSR yang sukses, perusahaan perlu mempertimbangkan beberapa hal. Pertama, mereka perlu menyusun program pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan mereka dan tujuan CSR yang telah ditetapkan. Pelatihan harus mencakup pengenalan konsep CSR, etika bisnis, komunikasi, dan keterampilan manajemen proyek.

Selanjutnya, perusahaan harus melibatkan para ahli dalam pelatihan CSR. Ini bisa berupa konsultan CSR atau lembaga pelatihan yang memiliki pengalaman dalam mengembangkan program pelatihan yang efektif.

Terakhir, perusahaan harus terus-menerus memantau dan mengevaluasi efektivitas pelatihan CSR mereka. Ini dapat melalui survei karyawan, pengukuran dampak inisiatif CSR, dan peningkatan berkelanjutan dari program pelatihan.

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com