Minggu, 21 Jul 2024

BRI Berikan Layanan Wealth Management untuk Literasi Perencanaan Keuangan

BRI dorong literasi perencanaan keuangan dengan layanan Wealth Management

ESG Indonesia – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) TBK mendorong literasi perencanaan keuangan dengan layanan Wealth Management. Layanan ini juga untuk memberikan edukasi kepada nasabah dalam mengelola keuangan. Nantinya, nasabah akan didampingi oleh tenaga kerja profesional dan bersertifikat.

Direktur Bisnis Konsumen BRI Hkamuyani menyampaikan bahwa wealth management menjadi salah satu solusi bagi nasabah untuk menempatkan instrumen investasi yang aman dan terlindungi. Terlebih, wealth management memiliki peran sebagai financial supermarket.

Selain itu, Ia menjelaskan peran Wealth Management BRI sebagai financial supermarket untuk nasabah individu maupun bisnis tercermin dalam penyediaan berbagai instrumen yang disediakan oleh BRI maupun produk hasil kolaborasi dengan anak perusahaan.

“Wealth Management BRI menyediakan berbagai layanan perbankan yang dipersonalisasi untuk nasabah High Net Worth Individual (BRI Private) dan Mass Affluent (BRI Prioritas). Layanan tersebut termasuk konsultasi perencanaan keuangan dan investasi, proteksi, bahkan dana pensiun sekalipun. Advisory process dari Wealth Management BRI disediakan melalui kehadiran Private Banker dan Relationship Manager Priority yang profesional, berpengalaman, dan tersertifikasi,” ujar Hkamuyani dalam keterangan tertulis, Jumat (3/11/2023).

Hkamuyani mengatakan bahwa layanan ini merupakan visi dari BRI untuk menyediakan fasilitas bagi nasabah dalam menjawab tata kelola keuangan yang dapat diperuntukan untuk jangka pendek maupun jangka panjang.

“Misalnya obligasi pemerintah, obligasi korporasi, reksa dana, layanan sekuritas, bancassurance, serta pengelolaan dana pensiun. Seluruh upaya ini dilakukan agar Wealth Management BRI dapat menjadi one stop financial solution yang mengumkamungkan semangat Wealth Management for All,” jelasnya.

Kehadiran layanan Wealth Management BRI yang aman dirasakan melalui outlet layanan nasabah prima BRI yang saat ini sudah mencapai sebanyak 187 outlet yang terdiri dari 1 Signature Private BRI outlet, 39 Sentra Layanan BRI Prioritas, dan 147 Priority Lounge yang tersebar di seluruh Indonesia. Melalui outlet layanan nasabah prima dan kanal digital seperti BRImo, Wealth Management BRI berhasil mencetak kinerja yang cemerlang, dimana hingga Oktober 2023 Fee-Based Income (FBI) Investasi meningkat 16,73% secara tahunan atau year-on-year (yoy), Asset Under Management (AUM) juga meningkat 19,50 % yoy, dan LNP Client meningkat 19,46% yoy.

Melalui layanan ini, Hkamuyani mengungkapkan pihaknya optimistis untuk terus bertumbuh serta memiliki prospek yang baik untuk ke depannya.

Dalam catatannya, Bisnis Wealth Management BRI berhasil meraih prestasi gemilang di kancah internasional. Sepanjang tahun ini atau hingga Oktober 2023, di antaranya adalah sebagai Excellence in Mass Affluent Banking dari Retail Banker International, sebagai The 3rd Highest Digital Index Wealth Management Bank Umum Konvensional 2023 dan The 3rd Best Wealth Management Bank Umum Konvensional 2023 dari Infobank Media Group.

rich result on google's SERP when searching for 'ESG'
Ilustrasi bank BRI (Wikimedia)

Di samping itu, Perseroan juga dianugerahi sebagai Outstanding Wealth Management Offering for Affluent Clients dari Global Private Banker, serta Best Wealth Management Bank in Indonesia dari The Asian Banker yang diterima oleh BRI Prioritas. Ditambah lagi, beberapa penghargaan juga diterima oleh BRI Private, antara lain Best Domestic Private Bank in Indonesia 2022 dari Asiamoney dan Best Private Bank for HNWIs, Indonesia dari The Asset.

Literasi keuangan adalah kemampuan seseorang untuk memahami dan mengelola keuangan pribadi mereka dengan efektif. Ini mencakup pengetahuan tentang cara mengelola uang, berinvestasi, menghindari utang berlebihan, dan merencanakan masa depan finansial. Literasi keuangan yang baik dapat membantu individu membuat keputusan keuangan yang cerdas, mengurangi stres keuangan, dan mencapai tujuan keuangan mereka.

Pentingnya Meningkatkan Literasi Keuangan

Meningkatkan literasi keuangan sangat penting, terutama dalam dunia yang penuh dengan ketidakpastian finansial. Berikut adalah beberapa alasan mengapa literasi keuangan harus menjadi prioritas dalam hidup kamu:

1. Mengambil Kendali atas Keuangan kamu

Dengan meningkatkan literasi keuangan, kamu dapat mengambil kendali atas uang kamu, bukan sebaliknya. kamu akan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana mengelola pendapatan, mengatur anggaran, dan menghindari pengeluaran yang tidak perlu. Dengan begitu, kamu dapat mengelola keuangan kamu dengan lebih efisien.

2. Mengurangi Utang

Literasi keuangan yang baik dapat membantu kamu menghindari jebakan utang berlebihan. kamu akan memahami risiko yang terlibat dalam berutang dan cara mengelola utang kamu dengan bijak. Ini akan membantu kamu mengurangi stres finansial dan menghindari masalah utang yang dapat merusak kesejahteraan kamu.

rich result on google's SERP when searching for 'ESG'
Ilustrasi Pinjaman Bank (Pexels)

3. Investasi yang Lebih Baik

Mengerti literasi keuangan juga akan membantu kamu dalam mengambil keputusan investasi yang lebih cerdas. kamu akan tahu bagaimana menganalisis investasi yang berpotensi menguntungkan dan menghindari investasi yang berisiko tinggi. Dengan pengetahuan ini, kamu dapat mengembangkan portofolio investasi yang seimbang dan meningkatkan pertumbuhan kekayaan kamu.

rich result on google's SERP when searching for 'ESG'
Ilustrasi Penggunaan Aplikasi Bank Mandiri (Dok.Bank Mandiri)

4. Pensiun yang Aman

Dalam era pensiun yang semakin tidak pasti, literasi keuangan adalah kunci untuk merencanakan pensiun yang aman dan nyaman. kamu akan dapat merencanakan tabungan pensiun yang mencukupi dan memahami opsi pensiun yang tersedia. Dengan persiapan yang baik, kamu dapat menikmati masa pensiun tanpa khawatir tentang masalah keuangan.

5. Menghadapi Krisis Keuangan

Tidak ada yang tahu kapan krisis keuangan akan datang. Dengan literasi keuangan yang baik, kamu akan lebih siap menghadapinya. kamu akan tahu bagaimana mengelola situasi darurat keuangan, memitigasi risiko, dan melindungi keuangan kamu.

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com