Minggu, 21 Jul 2024

Seberapa Penting Peringkat ESG bagi Perusahaan?

Perusahaan dengan peringkat ESG yang baik berkomitmen pada tanggung jawab sosial.

ESG Indonesia – Penting bagi perusahaan dan investor untuk memahami bagaimana cara meraih peringkat Environmental, Social, Governance (ESG) yang baik. Peringkat ESG dianggap penting untuk mengevaluasi keberlanjutan perusahaan.

Peringkat ESG menilai kinerja keberlanjutan suatu perusahaan dengan menganalisis praktik lingkungan, sosial, dan tata kelola. Lembaga pemeringkat meninjau faktor-faktor seperti kebijakan lingkungan, praktik ketenagakerjaan, struktur dewan, dan perilaku etis.

Keuntungan yang didapat oleh perusahaan yang berhasil mendapatkan peringkat ESG yang baik adalah dipercaya oleh investor yang saat ini cenderung mengutamakan investasi berkelanjutan.

Saat ini banyak investor memahami manfaat jangka panjang dari perusahaan yang memiliki praktik ESG yang baik. Peringkat ESG yang baik merupakan indikasi dedikasi perusahaan terhadap praktik bisnis yang berkelanjutan dan bertanggung jawab, sehingga menarik bagi investor yang ingin investasinya selaras dengan prinsip ESG.

Penyesuaian Regulasi terhadap ESG
Ilustrasi Penyesuaian Regulasi terhadap ESG (Pexels)

Faktor Penilaian Peringkat ESG

Mengutip knowesg, penilaian faktor-faktor ESG mencakup spektrum indikator luas yang berkaitan dengan aspek lingkungan, sosial, dan tata kelola. Faktor lingkungan melibatkan emisi karbon perusahaan, pengelolaan limbah, penggunaan sumber daya, dan kepatuhan terhadap inisiatif energi terbarukan.

Faktor sosial mencakup praktik yang berkaitan dengan ketenagakerjaan, keberagaman karyawan, keterlibatan masyarakat, hak asasi manusia, dan keselamatan produk. Terakhir, faktor tata kelola mengevaluasi transparansi kepemimpinan, akuntabilitas, dan kemanjuran dengan menilai struktur dewan, dan kebijakan antikorupsi.

Kemudian peringkat ESG yang baik biasanya dicapai melalui kinerja yang kuat di salah satu atau semua komponen ESG. Perusahaan yang memiliki peringkat ESG baik juga memiliki kebijakan dan praktik yang efektif untuk melindungi lingkungan.

Hal lain yang harus dipenuhi untuk mendapatkan peringkat ESG yang baik, suatu perusahaan harus mengutamakan pengurangan dampak ekologis, mempromosikan konservasi sumber daya, dan mengurangi perubahan iklim. Perusahaan juga harus berdedikasi pada keberlanjutan.

Kesiapan Pasar Modal terhadap ESG
Ilustrasi prinsip ESG (Istimewa)

Kinerja Sosial yang Kuat

Perusahaan dengan peringkat ESG yang baik berkomitmen pada tanggung jawab sosial. Artinya mereka harus menghormati hak asasi manusia, mempertahankan standar ketenagakerjaan, dan memprioritaskan kesejahteraan karyawan.

Perusahaan-perusahaan ini juga harus mempromosikan keberagaman dan inklusi, serta berpartisipasi dalam inisiatif komunitas.

Memiliki Tata Kelola yang Baik

Peringkat ESG yang baik juga membutuhkan tata kelola yang baik. Ketika perusahaan memiliki praktik tata kelola yang andal, artinya mereka terbuka tentang proses pengambilan keputusan mereka dan meminta pertanggungjawaban kepada diri mereka sendiri.

Mereka juga mengikuti etika dan langkah-langkah antikorupsi, serta memiliki dewan yang terstruktur dengan baik yang mengawasi dan memberi nasihat secara efektif.

Literasi ESG China
Ilustrasi Literasi ESG (Pixabay)

Melakukan Perbandingan dalam Rekan Industri

Untuk menilai kinerja ESG suatu perusahaan, membandingkan satu perusahaan dengan perusahaan lain dalam industri yang sama akan sangat membantu.

Hal ini dilakukan untuk memperluas wawasan tentang kinerja perusahaan dalam kaitannya dengan rekan-rekannya, menyoroti area-area yang berkinerja baik dan, yang terpenting, area-area yang dapat ditingkatkan.

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com