Selasa, 20 Feb 2024

Penelitian Ungkap 2,18 Miliar Orang di Dunia Terpapar Polusi Tiap Hari

Peneliti memberi catatan penting bahwa polusi udara yang berasal dari kebakaran hutan dapat memiliki dampak serius terhadap kesehatan.

Penelitian terbaru mengungkapkan 2,8 miliar orang menghadapi polusi udara setiap harinya yang disebabkan oleh kebakaran hutan. Angka ini telah meningkat sebesar 6,8 % dalam 10 tahun terakhir.

Penelitian yang dipimpin oleh ilmuwan Australia ini menerangkan bahwa lebih dari 2,18 miliar orang di seluruh dunia, atau rata-rata setiap orang terpapar selama 9,9 hari per tahun, dikutip dari phys.

Profesor Yuming Guo dan Shanshan Li, dari Fakultas Kesehatan Populasi dan Pengobatan Pencegahan Universitas Monash Australia, yang memimpin penelitian ini, menemukan bahwa tingkat paparan PM2.5 sangat tinggi di Afrika Tengah, Asia Tenggara, Amerika Selatan, dan Siberia.

Penelitian ini juga mengamati ozon yang berasal dari kebakaran lanskap global, sebuah polutan penting terkait kebakaran yang hanya diperkirakan terjadi di Amerika Serikat.

Salah satu temuan pentingnya adalah bahwa tingkat paparan polusi udara dari kebakaran hutan jauh lebih tinggi di negara-negara dengan pendapatan rendah dibandingkan dengan negara-negara berpendapatan tinggi.

Ini menunjukkan bahwa populasi di negara-negara berpendapatan rendah lebih rentan terhadap dampak polusi udara ini. Peneliti juga menyoroti pentingnya memberikan perhatian khusus pada upaya mitigasi polusi udara di negara-negara yang memiliki infrastruktur pemantauan kualitas udara yang terbatas.

Disamping itu, tingkat paparan di negara-negara berpendapatan rendah empat kali lebih tinggi dalam dekade terakhir dibandingkan dengan negara-negara berpendapatan tinggi.

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com