Minggu, 21 Jul 2024

Daftar 7 Kota Dengan Polusi Udara Tertinggi di Indonesia

Palembang tercatat menjadi kota dengan polusi udara atau kualitas udara terburuk di Indonesia pada 6 Oktober 2023. Udara Palembang masuk kategori sangat tidak sehat.

Menurut perhitungan indeks kualitas udara (Air Quality Index/AQI) di wilayah Palembang tercatat mencapai 209 poin. Indikator tersebut menunjukkan kualitas udara di Palembang berada di kategori sangat tidak sehat.

Adapun, Jambi berada di urutan selanjutnya dengan tingkat AQI pada level 170. Angka tersebut menunjukkan kualitas udara dengan kategori tidak sehat.  Posisi ketiga ditempati Banten, Tangerang yang memiliki indeks kualitas udara sebesar 165. Kemudian, kulitas udara selanjutnya yakni Serang, Banten dan Pekanbaru, Riau Barat masing-masing sebesar 160 poin dan 128 poin,

Selanjutnya, Bandung, Jawa Barat dan Jakarta masing-masing memiliki tingkat AQI pada level 125 dan 124. Indikator ini menunjukkan kualitas udara kedua wilayah tersebut berada di kategori tidak sehat bagi kelompok sensitif. Sementara, Bandung, Jawa Barat memiliki kualitas udara sebesar 98 poin.

Nilai indeks tersebut menunjukkan kualitas udara Bandung pada kategori moderate atau sedang.

Sebagai informasi, pengukuran AQI terbagi menjadi enam kategori dengan nilai yang berbeda. Semakin tinggi AQI mencerminkan semakin tinggi pula tingkat polusi udara di daerah tersebut. Level AQI di 0-50 merupakan indikator kualitas udara dalam kategori sehat. Adapun 51-100 masuk kategori moderat.

Kemudian 101-150 masuk kategori tidak sehat bagi kelompok sensitif. Selanjutnya level AQI di rentang 151-200 masuk kategori tidak sehat. Lalu rentang 201-300 masuk kategori sangat tidak sehat, dan di atas level 301 masuk kategori berbahaya.

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com