Minggu, 21 Jul 2024

Bagaimana Mengukur Kinerja ESG Perusahaan, Simak Selengkapnya

Kriteria ESG telah menduduki peringkat teratas dalam daftar investor dan kelompok pemangku kepentingan lainnya, namun apakah mungkin bagi suatu organisasi untuk mengukur kinerja ESG secara andal?

Bukan rahasia lagi agar tetap relevan di pasar saat ini, dunia usaha perlu memikirkan, dan mengambil tindakan untuk dapat memberikan dampak terhadap bumi.

Bagaimanapun, keberlanjutan adalah aspirasi baru bagi perusahaan dan kunci untuk mencapainya adalah dengan mengembangkan cara-cara yang lebih baik, kinerja, dan dampak ESG secara keseluruhan.

Lalu bagaimana PE/VC dapat memastikan bahwa mereka berada di jalur yang benar? Hal ini dimulai dengan menentukan bagaimana mengukur nilai relatif dari setiap metrik ESG dan memahami kendala-kendala yang ada untuk menghindari menyesatkan investor dalam prosesnya.

Memahami Kinerja ESG
Pada intinya, kinerja ESG adalah pengukuran yang menunjukkan kinerja suatu perusahaan berdasarkan kriteria nilai-nilai ESG (lingkungan, sosial, dan tata kelola) yang ditetapkan. Pengukuran ini digunakan oleh investor untuk mendorong pengambilan keputusan dan membandingkan merek dengan pesaing.

Kinerja ESG juga merupakan faktor utama yang digunakan konsumen dan karyawan untuk menentukan apakah suatu merek selaras dengan nilai-nilai mereka sebelum memutuskan untuk berbisnis atau bekerja untuk mereka.

Ketika membandingkan peringkat ESG, ada tiga pendekatan utama yang digunakan oleh investor:

  • Membandingkan peringkat dengan rekan-rekan yang mengelola portofolio yang sebanding
  • Memanfaatkan indeks benchmark industri standar
  • Sejarah investor dan data internal

Namun, setiap pendekatan disertai dengan peringatan. Kesesuaiannya tergantung pada situasi khusus investor, termasuk profil risiko portofolio, komposisi pemangku kepentingan, dan kewajiban fidusia.

Namun, membandingkan kinerja ESG bukanlah sebuah permainan apel-ke-apel. Ketika membandingkan indikator kinerja ESG tertentu, investor sering kali disesatkan, mengingat besarnya peringkat yang dapat bervariasi menurut industri, perusahaan, dan titik nilai.

Tindakan Yang Menyesatkan Investor
Karena salah satu tantangan terbesar dalam mengukur kinerja LST adalah kurangnya konsistensi seputar tolok ukur industri dan metrik pengukuran kinerja, investor menghadapi tantangan ketika mengevaluasi kinerja. Hal ini menjadi semakin rumit ketika membandingkan kinerja suatu perusahaan dengan perusahaan lain, termasuk kompetitor.

Terlebih lagi, sebagian besar data LST yang tersedia seringkali merupakan laporan mandiri oleh perusahaan, yang berarti terdapat kesenjangan yang signifikan dalam ketersediaan data, belum lagi informasi yang agak bias.

Pengukuran juga sering kali gagal memberikan wawasan tentang proses mendasar yang berantakan. Misalnya, data menunjukkan bahwa menambahkan perempuan ke tim eksekutif akan menghasilkan hasil yang lebih baik.

Namun, data tersebut tidak memperhitungkan hasil spesifik, seperti pengambilan keputusan yang mencerminkan beragam perspektif. Inilah sebabnya mengapa investor harus melihat lebih dari sekedar angka-angka untuk mengetahui bagaimana, mengapa, dan dalam kondisi apa keputusan tersebut diambil.

Kesalahan Kinerja Yang Harus Dihindari
Disarankan agar perusahaan mengikuti pendekatan “perbesar, perkecil”. Hal ini berarti “memperbesar” fokus pada pengintegrasian faktor-faktor ESG dan nilai-nilainya ke dalam portofolio dengan lebih baik, sembari tetap peka terhadap isu-isu konsentrasi, pelacakan kesalahan, dan risiko.

Dengan “memperbesar”, perusahaan dapat menciptakan kerangka risiko yang menunjukkan dengan tepat ancaman dan kegagalan LST. Dengan melakukan “zooming out” (memperkecil), mereka dapat lebih memahami permasalahan dan proses yang mendasarinya sekaligus memperoleh wawasan mengenai strategi dan peluang yang lebih besar.

Tanpa pandangan investasi yang luas dan sempit, PE/VC berisiko kehilangan peluang untuk meningkatkan kinerja.

Yang terakhir, sangat penting untuk mempertahankan satu sumber kebenaran untuk tolok ukur dan metrik ESG. Sumber data yang tepercaya dan andal yang memperlengkapi tim manajemen dengan keyakinan akan jumlah mereka dan laporan yang transparan bagi investor sangat penting untuk mengukur kinerja LST secara efektif.

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com