Minggu, 21 Jul 2024

Apa itu Keuangan Berkelanjutan? Simak Penjelasannya

Prinsip keuangan berkelanjutan sendiri menjadi contoh satu dari sekian banyak prinsip jasa keuangan yang ada. Jenis prinsip tersebut telah banyak digunakan karena dinilai lebih efektif untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi bersama.

Ekonomi, sosial, dan lingkungan sejatinya adalah tiga bidang yang berbeda, karena memiliki karakteristik masing-masing. Tiga bidang tersebut tadi dapat disatukan dalam satu konsep yang diberi nama “Sustainable Finance” atau Keuangan Berkelanjutan.

Keuangan berkelanjutan atau ustainable finance merupakan sebuah pendekatan dari sektor jasa keuangan untuk mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan dan perubahan iklim. Jadi, keuangan berkelanjutan merupakan sebuah pendekatan baru yang mempertimbangkan faktor lingkungan dan faktor sosial yang dapat meningkatkan resiko keuangan bagi lembaga-lembaga keuangan.

Jika di Indonesia keuangan berkelanjutan didefinisikan sebagai dukungan menyeluruh dari industri jasa keuangan untuk pertumbuhan berkelanjutan yang dihasilkan dari keselarasan antara kepentingan ekonomi, sosial, dan lingkungan hidup.

Secara konseptual, terdapat beberapa konsepsi tentang Keuangan Berkelanjutan ini, yakni:

Pertama, dukungan menyeluruh dari sektor jasa keuangan untuk menciptakan pertumbuhan ekonomi berkelanjutan dengan menyelaraskan kepentingan ekonomi, sosial, dan lingkungan hidup.

Kedua, penyediaan pembiayaan untuk investasi yang mempertimbangkan aspek lingkungan, sosial, dan tata kelola.

Ketiga, sistem keuangan yang memperhitungkan semua risiko dan imbal hasil dari keseimbangan sudut pandang keuangan, ekonomi, sosial, dan lingkungan yang mendukung pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan/sustainable development goals.

Keuangan berkelanjutan yang melibatkan pengambilan keputusan investasi yang tidak hanya mempertimbangkan keuntungan finansial tetapi juga faktor lingkungan, sosial, dan tata kelola. Sering digunakan secara bergantian dengan “keuangan hijau”, ini adalah istilah luas dengan banyak definisi bergantung pada konteksnya.

Keuangan berkelanjutan biasa juga digambarkan sebagai sistem keuangan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi sekaligus mengurangi tekanan terhadap lingkungan dan mempertimbangkan aspek sosial dan tata kelola perusahaan, seperti ketidaksetaraan, hak asasi manusia, struktur manajemen, dan remunerasi eksekutif. Ini memberikan beberapa contoh pertimbangan lingkungan, termasuk mitigasi dan adaptasi iklim, konservasi keanekaragaman hayati dan ekonomi sirkular.

Mengapa Keuangan Berkelanjutan Itu Penting?
Memulihkan kondisi lingkungan kita adalah salah satu cara terpenting untuk memerangi perubahan iklim apalagi kondisi cuaca ekstrim. Hutan dan pertanian merupakan lebih dari 30 persen dari solusi perubahan iklim, tetapi di zaman sekarang sudah banyak hutan yang ditebangi karena kepentingan manusia.

Oleh sebab itu, untuk mengatasi perubahan iklim yang besar itu akan membutuhkan upaya terkoordinasi antara sektor pemerintah maupun masyarakat Indonesia, bahkan sampai ke tingkat global. Saat pemanasan global telah mencapai puncaknya, maka tanggung jawab ada pada pembuat kebijakan dan para investor untuk menghadapi tantangan tersebut.

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com