Sabtu, 18 Mei 2024

Xurya Capai Kinerja Positif Soal Pertumbuhan Energi Terbarukan Sepanjang Tahun 2023

Xurya Capai Kinerja Positif Soal Pertumbuhan Energi Terbarukan Sepanjang Tahun 2023

ESG Indonesia – Xurya, perusahaan energi terbarukan yang mempelopori metode sewa PLTS atap tanpa investasi di awal di Indonesia, mencatatkan capaian kinerja positif sepanjang tahun 2023.

Adapun capaian tersebut terlihat dari berbagai aspek bisnis perusahaan, seperti kenaikan jumlah PLTS atap yang beroperasi, kolaborasi dengan berbagai pihak untuk mempercepat transisi energi nasional, mendapatkan penghargaan skala regional, serta lapangan pekerjaan hijau yang semakin meningkat.

Hingga sekarang, Xurya telah dipercaya oleh lebih dari 100 perusahaan sebagai mitra solusi komprehensif PLTS atap mereka. Secara rinci, jumlah PLTS atap yang telah beroperasi mencapai 150 proyek dan tersebar di 11 provinsi di Indonesia.

Keseluruhan proyek tersebut telah memproduksi lebih dari 166 juta kWh/tahun energi bersih dan dengan demikian membantu penekanan emisi karbon setara 148 juta kilogram per tahun.

Tidak hanya itu, Xurya juga dipandang sebagai salah satu dari 100 startup yang prospektif dan inovatif oleh Majalah Forbes Asia edisi tahun 2023.

PLTS energi bersih SIG
Ilustrasi energi terbarukan. (pixabay)

Sebagai contoh, saat menjalankan kegiatan operasional, [erusahaan selalu memaksimalkan penggunaan teknologi internet of things (IoT). Dengan demikian, tim operasional Xurya dapat dengan mudah memantau puluhan proyek instalasi dan performa ratusan proyek yang telah beroperasional di seluruh Indonesia.

Eka Himawan, Managing Director Xurya menyampaikan, pihaknya mengutamakan kemudahan dan kepuasan klien dalam mengadopsi PLTS atap, dimanapun mereka berada dan tentunya luasnya geografis negeri kita ini merupakan suatu tantangan yang unik.

“Namun, di Xurya, kami selalu memandang setiap tantangan sebagai sebuah peluang untuk menciptakan perubahan. Kami percaya bahwa setiap langkah kecil dapat memiliki dampak yang besar. Sebagai contohnya, penggunaan IoT dalam berbagai kegiatan operasional kami yang telah membantu mempererat kolaborasi tim  dengan pihak internal maupun eksternal. Melalui inovasi dan kolaborasi, Xurya terus berkomitmen untuk menjadi pemimpin dalam mendukung transisi energi nasional,” ujar dia, dalam keterangannya, Kamis (11/1/2024).

PLTS Hybrid perubahan iklim
Ilustrasi PLTS Hybrid (Pexels)

Pencapaian yang diraih perusahaan selama tahun 2023 tentunya merupakan hasil kolaborasi yang erat dengan berbagai pihak. Di pertengahan tahun, Xurya melakukan kolaborasi strategis dengan PLN Icon Plus dan PLN UID Jabar.

Melalui kolaborasi tersebut, Xurya dan PLN akan merancang solusi energi terbarukan yang efisien serta menciptakan ekosistem yang mampu mendukung pertumbuhan infrastruktur energi terbarukan di Indonesia.

Sejalan dengan pertumbuhan bisnis yang signifikan, perusahaan turut berkontribusi dalam membangun industri dalam negeri dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia khususnya dalam sektor energi terbarukan.

Sebagai contoh, perusahaan secara rutin menyelenggarakan pelatihan instalasi dan manajemen proyek PLTS atap untuk mitra EPC (engineering, procurement, construction) sejak tahun 2019 yang telah dihadiri oleh lebih dari 25 perusahaan mitra.

Selain itu, perusahaan  juga berpartisipasi dalam program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR), yaitu instalasi PLTS dan solar charging station di kawasan wisata Taman Nasional Komodo, Pulau Padar bersama East Ventures. Kontribusi-kontribusi ini tidak hanya membuktikan kepedulian perusahaan terhadap lingkungan, namun juga komitmen dalam memberikan dampak positif pada masyarakat sekitar.

PTBA
PTBA Pangkas Emisi Karbon hingga 618,5 Ton dengan PLTS (Pexels)

“Kami menyadari bahwa pencapaian ini bukan hanya milik Xurya, namun tidaklah mungkin berhasil tanpa kolaborasi dan dukungan berbagai pihak. Kami berterima kasih kepada pemerintah, asosiasi, klien, mitra, investor, dan seluruh pihak yang telah terlibat,” ujar dia.

“Kami merasa bangga dan terhormat atas kepercayaan yang telah diberikan. Xurya berkomitmen untuk terus menjadi pionir dalam memberikan solusi energi terbarukan yang inovatif dan bermanfaat bagi semua,” tutup Eka.

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com