Jumat, 14 Jun 2024

Sri Mulyani Akui Sulit Cari Investor untuk Transisi Energi di RI

Menteri Keuangan Sri Mulyani akui transisi energi di Indonesia sulit

ESG Indonesia – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengaku iagenda transisi energi Indonesia, dari energi tak terbarukan menuju energi hijau, tidak mudah terutama dalam pendanaan program pensiun pembangkit listrik tenaga batu bara.

“Saya akui sampai minggu lalu saya di San Franscisco, saya bertemu dengan beberapa investor dan fund manager besar, itu tidak mudah,” ungkapnya dalam World Bank Event: Climate Change and Indonesia’s Future: An Intergenerational Dialogue, Senin (27/11/2023).

Kendati begitu, Sri Mulyani mengungkapkan bahwa  Indonesia tidak gentar. Dia mengatakan Indonesia telah berkomitmen untuk memensiunkan pembangkit listrik tenaga batu bara. Kendati begitu, dalam pelaksanannya membutuhkan banyak sekali pembahasan yang detail, termasuk mengenai taksonomi hijau.

MedcoEnergi
Ilustrasi energi terbarukan (Pexels)

Taksonomi hijau ini dapat memberikan kepastiaan bagi sektor keuangan untuk mendukung proyek berbasis iklim dan lingkungan. Dengan taksonomi ini, dia berharap transisi menuju energi hijau, termasuk retiring coal power plant bisa didanai melalui pasar modal.

Prinsip ESG listrik hijau
Ilustrasi energi terbarukan. (pixabay)

“Indonesia berupaya memastikan bahwa taksonomi Indonesia mengenai pembiayaan hijau (green financing) tidak menciptakan kendala, sehingga makin sulit bagi negara yang sudah punya commitment atau political goodwill untuk bertransformasi,” ujarnya.

Sri Mulyani menambahkan Indonesia bekerja sama dengan ASEAN untuk membentuk taksonomi hijau bersama, yakni ASEAN Taxonomy.

Investasi dalam Energi
Ilustrasi Investasi dalam Energi (Pexels)

Tercatat pemerintah telah menerbitkan sukuk hijau atau green bond senilai US$5 miliar secara global sejak 2018. Sementara instrumen sukuk retail hijau atau Green Sukuk Retail yang sangat diminati generasi muda, kata Sri Mulyani, telah diterbitkan sejumlah Rp21,8 triliun sejak 2019 hingga 2022.

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com