Kamis, 13 Jun 2024

Simak! Ini Cara Cek Penerima BLT El Nino

BLT El Nino diberikan kepada penerima manfaat atau masyarakat yang terdampak perubahan iklim.

ESG Indonesia – Di bulan Desember ini, pemerintah telah mengucurkan bantuan langsung tunai (BLT) kepada warga yang terdampak fenomena El Nino. Pemberian BLT diberikan kepada keluarga penerima manfaat sebesar Rp400.000.

Program bantuan itu berlangsung selama dua bulan, yaitu pada November dan Desember. Penyaluran bantuan tersebut akan dilakukan melalui transfer langsung ke rekening masing-masing penerima.

Khusus penerima BLT, pemerintah menetapkan  Rp18,8 juta keluarga penerima manfaat (KPM), yakni penerima sembako. Sedangkan, penerima bantuan beras ialah 21,3 juta KPM, yang terdiri dari penerima Program Keluarga Harapan (PKH) atau penerima bantuan sembako.

Artinya, para penerima bantuan sembako memperoleh kedua bantuan, baik BLT maupun bantuan beras. Program BLT akan diberikan kepada masyarakat melalui Kementerian Sosial, sedangkan program bantuan beras akan diberikan oleh Badan Pangan Nasional.

Uang peruri
ilustrasi uang. (pixabay)

Penyaluran BLT El Nino 2023 akan dilakukan melalui transfer langsung ke rekening masing-masing penerima. Bagaimana cara masyarakat untuk mengetahui daftar penerima BLT El Nino secara daring? Untuk mengetahuinya, masyarakat perlu mengeceknya melalui cekbansos.kemensos.go.id atau aplikasi cek bansos.

Berikut cara cek bansos BLT El Nino tersebut melalui laman cekbansos.kemensos.go.id:

Buka laman cekbansos.kemensos.go.id. Masukkan nama provinsi, kabupaten, kecamatan, dan desa atau kelurahan. Masukkan nama penerima manfaat (PM) sesuai kartu tanda penduduk (KTP). Ketik empat huruf kode, tidak dipisah spasi, sesuai yang tertera dalam kotak kode. Jika kode huruf kurang jelas, klik “refresh” untuk mendapatkan kode baru.

  • Setelah itu, klik “cari data”.
  • Selanjutnya, halaman situs Kemensos akan menampilkan nama penerima manfaat sesuai wilayah atau daerah yang dimasukkan.
  • Masyarakat termasuk golongan penerima BLT El Nino jika kolom Bantuan Pangan Nontunai (BPNT) atau bantuan sembako berstatus “ya”.
  • Bila penerima manfaat belum memiliki “aplikasi cek bansos”. Pilih “buat akun baru” dan isi kolom yang tersedia, seperti nomor KK, NIK, dan alamat sesuai KTP. Lampirkan swafoto bersama KTP serta foto KTP.
  • Kemudian klik “buat akun baru”. Setelah berhasil, data akan diverifikasi oleh Kemensos. Setelah data terverifikasi, akun atau user ID akan diaktivasi dan menu pada Aplikasi Cek Bansos dapat diakses.
  • Login atau masuk dengan mengetikkan username dan kata sandi.
  • Pilih menu “cek bansos” dan lengkapi data sesuai KTP.
  • Selanjutnya, klik “cari data”. Sistem akan menunjukkan data penerima manfaat bansos, termasuk penerima bantuan sembako, beserta statusnya.
BLT El Nino
Presiden bagikan BLT El Nino. (BPMI Setpres/Muchlis Jr)

Penyaluran BLT El Nino

Fenomena El Nino terjadi akibat pemanasan suhu muka laut di atas kondisi normal yang terjadi di Samudera Pasifik. Kondisi ini berdampak pada terjadinya cuaca ekstrim seperti kekeringan di Indonesia sejak Agustus 2023.

Kekeringan menyebabkan gagal panen sejumlah komoditas, sehingga stok di pasaran menipis yang berdampak pada naiknya harga berbagai komoditas, termasuk beras.  Kenaikan harga telah melemahkan daya beli masyarakat, sehingga pemerintah menyalurkan BLT El Nino untuk menjaga stabilitas serta  melindungi masyarakat rentan dan miskin yang terdampak.

“Adanya perubahan iklim, ada gelombang panas sehingga produksi padi menurun, karena produksi padi menurun harga menjadi naik-sedikit naik,” ucap Presiden saat berdialog dengan penerima manfaat di Malang, Jatim, Kamis (14/12/2023).

Presiden menuturkan BLT El Nino tersebut diberikan kepada penerima manfaat senilai Rp200.000 per bulan dan diberikan selama 2 bulan periode November dan Desember 2023.

Bank BTPN
Ilustrasi uang (Pexels)

Selain itu, para penerima manfaat yang hadir pada kesempatan tersebut juga merupakan penerima bantuan pangan cadangan beras pemerintah (CBP). Presiden menyampaikan bahwa bantuan pangan CBP akan dilanjutkan oleh pemerintah hingga bulan Maret 2024.

“Ini juga penerima beras 10 kilo? Yang September, Oktober, November, Desember sudah diterima? Perlu saya sampaikan nanti akan dilanjutkan Januari, Februari, Maret,” jelasnya.

Kepala Negara menyampaikan kepada masyarakat bahwa bantuan pangan CBP akan diperpanjang lagi oleh pemerintah jika APBN mencukupi. “Kalau nanti APBN kita cukup akan juga diperpanjang lagi,” tandasnya.

BLT El Nino ini disalurkan melalui bank yakni Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) dan PT. Pos Indonesia. Melalui bank Himbara, KPM bisa langsung menarik dana bantuan melalui ATM bank penyalur atau kantor cabang bank penyalur.

Jika melalui PT. Pos Indonesia, KPM bisa mengambil bantuan di kantor pos atau di tempat yang sudah ditentukan. Sedangkan bagi KPM yang mempunyai keterbatasan mobilitas, akan diantarkan ke tempat tinggal masing-masing oleh PT. Pos Indonesia.

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com