Minggu, 21 Jul 2024

Produksi Hidrogen Hijau, Perusahaan Gas Hong Kong dan Prancis Jajaki Kerja Sama

Kerja sama ini merupakan proyek demonstrasi produksi hidrogen hijau lokal pertama yang berperan dalam pengembangan energi hidrogen rendah karbon.

ESG Indonesia – Perusahaan Gas Hong Kong dan China (Towngas) bekerja sama dengan perusahaan air, limbah, dan energi Prancis Veolia untuk meluncurkan proyek hidrogen hijau pertama. Proyek tersebut akan mengubah biogas dari lokasi pembuangan sampah menjadi bahan bakar berkelanjutan.

Towngas dan anak perusahaan Veolia, Green Valley Landfill, menandatangani perjanjian pada Selasa 18 Juni 2024. Keduanya akan bersama-sama mengembangkan fasilitas hidrogen di South East New Territories Landfill Extension (Sentx) di Tseung Kwan O.

Mengutip South China Morning Post, inisiatif ini memiliki tujuan untuk mengubah limbah menjadi energi dengan menggunakan biogas yang menghasilkan hidrogen hijau. Towngas dan Veolia juga akan mempromosikan berbagai pengaplikasian energi hidrogen.

ilustrasi instalasi biogas. (freepik)

Batch pertama hidrogen hijau yang diproduksi secara lokal diperkirakan sudah tersedia pada 2025. Kapasitas produksi harian diproyeksikan sekitar 330 kg hidrogen, yang mana akan cukup untuk menggerakkan tujuh atau delapan bus hidrogen selama sehari penuh.

“Kerja sama percontohan antara Veolia Hong Kong dan Towngas merupakan proyek demonstrasi produksi hidrogen hijau lokal pertama, yang memainkan peran perintis dalam memajukan pengembangan energi hidrogen rendah karbon di Hong Kong,” kata sekretaris lingkungan dan ekologi Tse Chin-wan.

ilustrasi pabrik biogas. (pixabay) limbah ternak Jerman Cina ESDM Indonesia

Berdasarkan strategi yang dipublikasikan 17 Juni 2024, pemerintah Hong Kong akan mempromosikan teknologi hidrogen lewat empat tujuan yaitu meningkatkan regulasi, menetapkan standar, memfasilitasi pasar, dan memajukan dengan bijaksana.

Ilustrasi pipa gas. (pixabay)
Ilustrasi pipa gas. (pixabay)

Terletak di lokasi TPA Sentx, proyek ini mencakup unit produksi hidrogen baru, fasilitas transmisi, dan stasiun pengisian ulang hidrogen. Towngas dan Veolia akan mengumpulkan biogas dan mengubahnya menjadi hidrogen hijau menggunakan apa yang disebut teknologi steam methane reforming (SMR).

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com