Senin, 24 Jun 2024

PLN Icon Plus Hadirkan Solusi Energi Bersih dan Berkelanjutan

Hadirkan solusi smart and green, ada promo spesial PV Rooftop dari PLN Icon Plus.

ESG Indonesia -PLN Icon Plus menghadirkan solusi energi yang bersih dan ramah lingkungan serta berkelanjutan untuk mendukung transisi energi.

Solusi itu pun dihadirkan PLN Icon Plus melalui pemanfaatan energi baru terbarukan (EBT) berbasis teknologi dalam layanan PLTS Atap atau PV Rooftop.

Produk solusi energi cerdas ini ditampilkan PLN Icon Plus dalam konferensi dan pameran kelistrikan dan energi terbesar di kawasan Asia Tenggara, yaitu ENLIT Asia 2023 yang mengusung tema “Strengthening ASEAN Readiness in Energy Transition” pada 14-16 November 2023 baru lalu.

PLTS atau Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap adalah pembangkit yang memanfaatkan energi terbarukan yang bersumber dari cahaya matahari untuk menghasilkan energi listrik. Pemanfaatan energi terbarukan menjadikan PLTS salah satu solusi untuk mengurangi emisi karbon dan efisiensi biaya penggunaan listrik.

Pada event ENLIT Asia 2023, PLN Icon Plus berkesempatan untuk memamerkan PV Rooftop sebagai sebuah produk teknologi terbaru di bidang energi terbarukan sehingga layanan PV Rooftop dapat menjangkau masyarakat lebih luas. Menariknya, PLN Icon Plus mem-bundling layanan PV Rooftop dengan layanan smart home dalam kemasan “Smart & Green Solution”.

Energi Terberukan
Ilustrasi Energi Terberukan (Pexels)

“Salah satu strategi kami untuk memonetisasi bisnis panel surya atap adalah mengintegrasikannya dengan layanan smart home. Pelanggan akan mendapatkan pengalaman menggunakan PLTS Atap sekaligus menikmati kemudahan dan kenyamanan dengan layanan smart home yang didukung oleh layanan internet andal,” jelas Direktur Utama PLN Icon Plus Ari Rahmat Indra Cahyadi.

Saat ini, PLN Icon Plus sebagai Subholding Beyond kWh PT PLN (Persero) menawarkan layanan PV Rooftop kepada masyarakat. Masyarakat yang berminat dapat mengajukan instalasi PV Rooftop melalui aplikasi PLN Mobile.

Indonesia Emas 2045 atau PLTS
ilustrasi transisi energi. (pixabay)

PV Rooftop merupakan bentuk investasi jangka panjang yang dapat berproduksi dan memberikan manfaat sampai 25 tahun ke depan. Tidak hanya manfaat bagi pemiliknya, tetapi juga manfaat bagi kelestarian dan keberlanjutan lingkungan.

Sebagai ilustrasi, biaya instalasi PV Rooftop berdaya 1 kWp adalah Rp. 23,7 juta dengan potensi penghematan sebesar Rp. 240 ribu per bulan atau Rp. 2,88 juta per tahun. Sementara, untuk PV Rooftop berdaya 2 kWp, diperlukan investasi sebesar Rp. 37,6 juta. Adapun potensi penghematannya sebesar Rp. 470 ribu per bulan atau Rp. 5,64 juta per tahun. Penghematan juga sangat bergantung pada pemakaian listrik di siang hari.

Sebagai bentuk apresiasi bagi masyarakat, PLN Icon Plus memberikan penawaran spesial HLN (Hari Listrik Nasional). Hingga 30 November 2023, masyarakat bisa mendapatkan potongan harga 20% dan menikmati kemudahan pembayaran lewat transaksi cicilan dengan Bank Mandiri. Pelanggan PV Rooftop juga akan mendapatkan free biaya instalasi dan sistem monitoring PV Rooftop.

Transisi energi memiliki pentingan yang besar dalam konteks keberlanjutan, lingkungan, dan ekonomi. Beberapa alasan utama mengapa transisi energi begitu penting antara lain:

Perlindungan Lingkungan: Transisi energi bertujuan untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dan pencemaran lingkungan. Dengan beralih dari bahan bakar fosil ke sumber energi terbarukan seperti matahari, angin, dan air, kita dapat mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan, termasuk perubahan iklim, polusi udara, dan kerusakan ekosistem.

Kemandirian Energi: Bergantung pada sumber energi terbarukan membantu negara-negara untuk menjadi lebih mandiri secara energi. Ini mengurangi ketergantungan pada impor energi dari luar dan menciptakan kesempatan untuk mengembangkan sumber daya energi lokal yang berkelanjutan.

Inovasi dan Ekonomi: Transisi energi mendorong inovasi dalam teknologi energi terbarukan, menciptakan lapangan kerja baru, serta memacu pertumbuhan ekonomi. Investasi dalam energi terbarukan memperluas pasar untuk teknologi baru, menciptakan peluang bisnis, dan meningkatkan daya saing ekonomi secara keseluruhan.

Keseimbangan Sosial: Akses yang lebih luas terhadap energi terbarukan dapat meningkatkan akses ke energi yang terjangkau dan bersih bagi masyarakat yang belum memiliki akses yang memadai. Hal ini juga dapat meningkatkan keadilan sosial dengan menyediakan sumber daya yang penting bagi komunitas yang kurang mampu.

Peningkatan Kesehatan Masyarakat: Transisi energi ke sumber energi bersih membantu mengurangi polusi udara yang dihasilkan oleh pembakaran bahan bakar fosil. Ini dapat mengurangi angka penyakit pernapasan, meningkatkan kesehatan masyarakat secara keseluruhan, dan mengurangi biaya perawatan kesehatan.

Kepatuhan terhadap Komitmen Global: Banyak negara telah berkomitmen untuk mengurangi emisi gas rumah kaca sesuai dengan perjanjian internasional seperti Kesepakatan Paris. Transisi energi merupakan langkah penting dalam memenuhi komitmen ini dan mendukung upaya global dalam memerangi perubahan iklim.

Peningkatan Ketahanan Lingkungan: Mengurangi ketergantungan pada sumber daya terbatas seperti minyak bumi atau batu bara membantu melindungi lingkungan dan ekosistem yang rentan terhadap eksploitasi berlebihan.

Pembangunan Infrastruktur yang Berkelanjutan: Transisi energi melibatkan pengembangan infrastruktur baru dan peningkatan infrastruktur yang sudah ada, memungkinkan pembangunan yang lebih berkelanjutan, lebih efisien, dan lebih ramah lingkungan.

Peluang Inklusi dan Pembangunan Berkelanjutan: Dengan memprioritaskan energi terbarukan, transisi energi dapat memberikan peluang inklusi bagi masyarakat yang sebelumnya tidak terlibat dalam sektor energi, sehingga mendukung pembangunan berkelanjutan yang melibatkan seluruh lapisan masyarakat.

Keamanan Energi: Bergantung pada sumber energi yang beragam, termasuk energi terbarukan, dapat meningkatkan keamanan energi dengan mengurangi risiko gangguan pasokan dan volatilitas harga bahan bakar fosil.

Transisi energi bukan hanya tentang perubahan sumber daya, tetapi juga tentang menciptakan sistem yang lebih berkelanjutan, ramah lingkungan, dan inklusif secara sosial.

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com