Selasa, 20 Feb 2024

PLN Dukung Pengembangan Destinasi Wisata Berkelanjutan

PLN hadirkan solusi energi bersih sebagai bentuk dukungan terhadap destinasi wisata berkelanjutan

ESG Indonesia – PT PLN (Persero) mendukung pengembangan destinasi wisata berkelanjutan (green tourism) melalui penyediaan solusi energi bersih bagi PT Taman Wisata Candi (TWC).

Adapun upaya akselerasi pariwisata hijau ini terwujud melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara kedua pihak di Jakarta pada Rabu (8/11/2023).

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo yang diwakili oleh Direktur Retail dan Niaga PLN Edi Srimulyanti mengatakan pihaknya siap mendukung pengembangan green tourism dengan menghadirkan listrik ramah lingkungan.

Ia mengatakan destinasi yang dikelola oleh TWC, yakni Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, Ratu Boko, dan Taman Mini Indonesia Indah, merupakan aset kebudayaan nasional yang harus dijaga kelestariannya.

“Jadi sekarang penggunaan energi hijau ini menjadi suatu kebutuhan atau kewajiban yang harus kita mulai dari sekarang. Terkait dengan green tourism, kami support penuh, karena energi masa depan itu adalah energi listrik,” ujarnya.

Selain itu, pihak-pihak lain juga akan turut serta mendorong pengurangan emisi transportasi ke dalam wilayah TWC melalui peningkatan penggunaan kendaraan listrik dan perangkatnya.

Direktur Pemasaran, Pelayanan dan Pengembangan Usaha PT TWC Hetty Herawati mengatakan, penandatanganan ini sebagai upaya mewujudkan pariwisata berkelanjutan melalui penggunaan energi ramah lingkungan di destinasi wisata yang dikelola TWC.

“Jadi dalam konteks green tourism ini, kami sudah melakukan beberapa langkah di antaranya adalah kebijakan di mana di seluruh kawasan, kendaraan bermotor itu tidak boleh masuk ke dalam kawasan, kita memberlakukan yang namanya center last parking, begitu juga di kawasan TMII,” tuturnya.

Hetty juga memberikan apresiasi kepada PLN dalam menghadirkan SPKLU di kawasan PT TWC.

Sinergi ini, lanjutnya, merupakan langkah nyata untuk mendorong kesiapan objek wisata beserta komponen penopangnya dalam mewujudkan Quality Tourism.

“Ke depan kami berharap bahwa kawasan ini bisa berlanjut terus dan tidak hanya pada konteks pengembangan fasilitas, tapi juga bisa melakukan kampanye dalam hal pengembangan kawasan pariwisata yang bebas atau rendah karbon emisi,” pungkas Hetty.

Destinasi wisata berkelanjutan adalah konsep pariwisata yang berfokus pada pengembangan dan pengelolaan destinasi dengan memperhatikan dampak lingkungan, budaya, dan ekonomi. Dalam konteks ini, kata “berkelanjutan” bukan sekadar tren, melainkan sebuah komitmen untuk melestarikan sumber daya alam dan warisan budaya agar dapat dinikmati oleh generasi mendatang.

Keberlanjutan Lingkungan

Destinasi wisata berkelanjutan menempatkan keberlanjutan lingkungan sebagai prioritas utama. Ini mencakup perlindungan ekosistem, pengelolaan limbah, dan penggunaan energi terbarukan. Dengan langkah-langkah ini, destinasi tersebut dapat meminimalkan dampak negatif terhadap lingkungan sekitar.

Sektor Pariwisata
Ilustrasi Sektor Pariwisata (Pexels)

Pelestarian Budaya

Selain itu, pelestarian budaya juga menjadi unsur kunci dalam destinasi wisata berkelanjutan. Ini mencakup upaya untuk melestarikan tradisi, seni, dan warisan budaya lokal. Dengan demikian, wisatawan dapat merasakan keunikan dan kekayaan budaya setempat.

Manfaat Ekonomi

Aspek ketiga dari destinasi wisata berkelanjutan adalah manfaat ekonomi. Dengan pengembangan pariwisata yang bijaksana, komunitas lokal dapat merasakan dampak positif secara ekonomi. Hal ini mencakup peluang pekerjaan, pengembangan usaha lokal, dan partisipasi aktif masyarakat dalam manajemen destinasi.

Sektor Pariwisata
Ilustrasi Sektor Pariwisata (Pexels)

Mengapa Destinasi Wisata Berkelanjutan Penting?

Pemeliharaan Lingkungan

Destinasi wisata yang tidak memperhatikan lingkungan dapat merusak ekosistem lokal, mengancam flora dan fauna, serta merusak keindahan alam. Dengan mengadopsi prinsip berkelanjutan, kita dapat menjaga keberagaman hayati dan keindahan alam yang menjadi daya tarik utama destinasi.

Kelestarian Budaya

Warisan budaya sering kali menjadi korban perkembangan pariwisata yang tidak terkendali. Destinasi wisata berkelanjutan bertujuan untuk melibatkan komunitas lokal dalam pelestarian dan promosi budaya mereka. Ini tidak hanya menjaga keaslian, tetapi juga memberdayakan masyarakat setempat.

Pariwisata Berkelanjutan
Ilustrasi industri pariwisata (Pexels)

Dampak Ekonomi Positif

Pariwisata yang berkelanjutan dapat menjadi sumber pendapatan yang signifikan bagi komunitas lokal. Melalui promosi dan pengelolaan yang tepat, destinasi tersebut dapat menciptakan lapangan kerja baru, mendukung pelaku usaha lokal, dan meningkatkan kesejahteraan ekonomi secara keseluruhan.

Destinasi wisata berkelanjutan bukan hanya sebuah konsep, melainkan sebuah komitmen untuk melestarikan keajaiban alam dan keanekaragaman budaya. Dengan menjaga keseimbangan antara keberlanjutan lingkungan, pelestarian budaya, dan manfaat ekonomi, Indonesia dapat menjadi destinasi wisata yang berkelanjutan dan mendunia.

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com