Sabtu, 18 Mei 2024

Perusahaan Mobil Listrik Vietnam Bakal Investasi Rp18,6 T di RI

KSP Moeldoko menyampaikan, produsen mobil listrik asal Vietnam, VinFast bakal membangun pabrik di RI dengan nilai inestasi Rp18,6 T

ESG Indonesia – Perusahaan mobil listrik Vietnam, Vinfast, bakal membangun pabrik di Indonesia dengan nilai investasi sebesar 1,2 Miliar Dolar AS atau sekitar Rp18,6 triliun.

“Vietnam akan masuk (berinvestasi), US$1,2 miliar akan masuk dan secepatnya akan membangun (pabrik) di sini. Vinfast,” kata Kepala Staf Presiden, Moeldoko di Istana Negara, Senin (6/11).

“Akan membuat pabrik mobil listrik, mungkin bisa saja nanti ekosistemnya akan terbangun di sini,” tambahnya.

Moeldoko mengungkapkan bahwa Vinfast adalah produsen mobil listrik terbesar di kawasan Asia Tenggara, dengan target pasar Eropa hingga Amerika.

“Vinfast, salah satu perusahaan EV besar di kawasan, udah ekspor ke Europe dan Amerika. Dia akan buat pabrik mobil listrik, bisa aja nanti ekosistem terbentuk di sini,” ucapnya.

Kendati begitu, Moeldoko enggan menjelaskan lebih rinci terkait rencana investasi tersebut, seperti lokasi pabrik dan hingga kapan pembangunannya akan dimulai. “Ya nanti dikabarkan,” singkatnya.

Perlu diketahui sebelumnya, ,para petinggi Vinfast sudah bertemu Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan di Kantor Kementerian Perdagangan pada awal September lalu. Zulkifli Hasan mengatakan izin Vinfast bakal dipermudah di Indonesia.

“(Perizinan) akan dipermudah, karena Indonesia akan jadi pusat mobil listrik. Jadi walaupun bikinnya di sini, nanti mau ekspor nggak apa-apa. Kita bersaing dengan Thailand. Untungnya pasar kita besar, kita (juga) punya baterai, dari nikelnya,” ujar Zulhas kala itu.

Vinfast merupakan merek mobil yang dikembangkan oleh perusahaan real estate terbesar di Vietnam, Vingroup. Vingroup memiliki ambisi untuk memproduksi 500.000 kendaraan di Vietnam pada 2025. Vingroup mengumumkan hal tersebut pada 2017 lalu.

Perusahaan ini diketahui sudah melebarkan sayap ke Amerika Serikat. Vinfast memulai pembangunan pabrik mereka di North Carolina, Amerika Serikat (AS).

Pabrik Vinfast di North Carolina, AS itu direncanakan beroperasi pada 2025 dengan kapasitas produksi maksimal 150 ribu unit mobil per tahun. Pabrik Vinfast merupakan pabrik manufaktur mobil pertama yang dibuat di negara bagian tersebut. Pabrik ini berdiri di atas lahan seluas 1.800 ha meliputi area pembuatan bodi, area press bodi, perakitan umum, cat, hingga pusat energi.

rich result on google's SERP when searching for 'ESG'
Ilustrasi Mobil Listrik (Pixabay)

Keuntungan Mobil Listrik

Mobil listrik adalah kendaraan yang semakin populer dan menjadi pilihan utama bagi banyak individu dan keluarga di seluruh dunia. Tidak hanya sebagai alat transportasi yang ramah lingkungan, tetapi juga memiliki banyak keuntungan yang membuatnya menjadi pilihan yang cerdas.

Berikut manfaat utama dari penggunaan mobil listrik

1. Ramah Lingkungan

Salah satu keuntungan utama dari memiliki mobil listrik adalah kontribusi positif terhadap lingkungan. Mobil listrik tidak menghasilkan emisi gas buang berbahaya, yang membantu mengurangi polusi udara dan dampak negatifnya terhadap kesehatan manusia dan planet kita. Dengan memilih kendaraan listrik, pengguna ikut andil dalam menjaga lingkungan tetap bersih dan sehat.

2. Hemat Biaya

Mobil listrik umumnya lebih ekonomis daripada mobil berbahan bakar fosil. Pengguna akan menghemat uang karena listrik biasanya lebih murah daripada bahan bakar bensin atau diesel. Selain itu, pemilik kendaraan listrik juga dapat memenuhi syarat untuk insentif dan pemotongan pajak, yang dapat lebih mengurangi biaya kepemilikan.

3. Perawatan yang Mudah

Mobil listrik memiliki sistem penggerak yang lebih sederhana daripada kendaraan konvensional. Ini berarti ada lebih sedikit komponen mekanis yang dapat mengalami kerusakan. Sebagian besar kendaraan listrik tidak memerlukan perawatan rutin seperti mengganti oli atau memeriksa mesin, yang akan menghemat waktu dan uang.

rich result on google's SERP when searching for 'ESG'
Ilustrasi Kendaraan Listrik (Pixabay)

4. Kinerja Cepat

Mobil listrik memiliki torsi seketika dan akselerasi yang halus. Mereka sangat responsif saat pengguna menginjak pedal gas, memberikan pengalaman berkendara yang luar biasa. Pengguna akan merasakan kecepatan dan kinerja yang mengesankan, bahkan pada model listrik yang lebih terjangkau.

5. Teknologi Canggih

Mobil listrik dilengkapi dengan teknologi canggih yang terus berkembang. Ini termasuk fitur-fitur seperti pengemudi otomatis, layar sentuh canggih, dan konektivitas yang memungkinkan untuk mengontrol kendaraan Anda melalui smartphone Anda. Kendaraan listrik adalah investasi dalam masa depan yang terhubung.

6. Masa Depan yang Berkelanjutan

Dengan pergeseran menuju energi terbarukan, memiliki kendaraan listrik berarti mendukung visi masa depan yang lebih berkelanjutan. Menggunakan listrik yang dihasilkan dari sumber energi terbarukan akan membantu mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil dan mempercepat transisi ke dunia yang lebih hijau.

Kendaraan Listrik
Ilustrasi Kendaraan Listrik. (pixabay)

7. Suara Hening

Mobil listrik umumnya lebih tenang daripada kendaraan berbahan bakar tradisional. Ini menghasilkan pengalaman berkendara yang lebih tenang dan nyaman tanpa suara mesin yang mengganggu. Kamu dapat menikmati keheningan saat Anda menjelajahi jalan.

8. Penurunan Emisi Karbon

Dengan menggunakan mobil listrik, kamu membantu mengurangi emisi karbon secara signifikan. Ini berarti Anda turut berkontribusi dalam upaya global untuk memerangi perubahan iklim dan menjaga planet kita agar tetap lestari.

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com