Minggu, 21 Jul 2024

Perkuat ESG, BRI Finance Dukung Aksi Tanam Pohon Serentak

Selain kegiatan aksi tanam pohon, BRI Finance juga secara konsisten melakukan kegiatan CSR yang mengacu pada penerapan prinsip-prinsip ESG.

ESG Indonesia – PT BRI Multifinance Indonesia (BRI Finance) terus berkomitmen mendukung penerapan prinsip environmental, social, dan governance (ESG). Dalam kegiatan aksi tanam pohon serentak, BRI Finance menanam setidaknya 2.000 pohon produktif di Wonderful Citamiang, Cisarua, Bogor, Jawa Barat.

Dalam kegiatan tersebut BRI Finance kantor Pusat bersama 26 kantor cabang se-Indonesia bekerja sama dengan Perhutani dan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Puncak Lestari. Dalam kegiatan yang bertema “Aksi Tanam Pohon Serentak, BRI Finance Dukung Indonesia Hijau”, Perseroan melibatkan seluruh karyawan se-Indonesia untuk berpartisipasi dalam aksi menanam pohon produktif.

Direktur Bisnis BRI Finance Primartono Gunawan menjelaskan, penerapan prinsip ESG menjadi kewajiban sebuah perusahaan modern untuk menciptakan bisnis yang berkelanjutan. Di mana bisnis sejalan dengan kelestarian lingkungan, kepedulian sosial dan diwujudkan melalui tata kelola perusahaan yang baik.

ESG sendiri merupakan sebuah parameter yang digunakan oleh perusahaan dalam berinvestasi dengan mengimplementasikan kebijakan perusahaan sehingga tercapai keserasian dengan konsep environmental (lingkungan), social (sosial), dan governance (tata kelola). Perusahaan yang menerapkan prinsip ESG wajib untuk melakukan implementasi terhadap prinsip pelestarian lingkungan lingkungan, tanggung jawab sosial serta tata kelola yang sesuai.

Perkuat ESG
Ilustrasi aksi tanam pohon. (pixabay)

Menurut Primartono Gunawan, kegiatan ini sejalan dengan semangat visi BRI Finance untuk menjadi perusahaan pembiayaan terdepan dengan layanan yang terintegrasi. “Kegiatan ini merupakan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) BRI Finance, khususnya kegiatan pelestarian lingkungan dan penghijauan melalui penanaman pohon produktif yang dilaksanakan serentak di seluruh jaringan kami,” ujar Primartono Gunawan.

Adapun pohon produktif yang ditanam, disesuaikan dengan kondisi daerah tempat jaringan BRI Finance berada dengan total keseluruhan 635 bibit pohon produktif. Di Kantor Pusat BRI Finance misalnya, pohon yang ditanama dalah jenis pohon damar dan pohon pinus. Ada sekitar 1.375 pohon telah ditanam di Cisarua, pada Jumat, 20 Oktober 2023.

Pohon damar dan pohon pinus dipilih ditanam di daerah tersebut karena kedua jenis pohon tersebut dapat membantu petani di daerah sekitar untuk meningkatkan produksi panen serta untuk menurunkan tingkat polusi di wilayah pendukung Ibukota DKI Jakarta.  Selain itu pohon yang ditanam dapat mengurangi bencana longsor dikarenakan permukaan tanah yang miring.

“Selain mewujudkan Indonesia yang lebih hijau, kami berharap dengan menanam pohon produktif, kelak dapat dimanfaatkan secara langsung oleh masyarakat sekitar. Pohon-pohon yang ditanam kami serahkan kepada masyarakat di daerah setempat untuk dirawat dan hasilnya dimanfaatkan oleh mereka,” tambahnya.

Kegiatan CSR BNI Finance sendiri merupakan rangkaian dari Road to 40th Anniversary BRI Finance pada tanggal 7 Desember mendatang.  Kegiatan CSR di bidang lingkungan ini juga selaras dengan program perusahaan induk yakni BRI Peduli, yang mengusung konsep triple bottom line.

Sehingga penanaman pohon ini menjadi langkah konkret perusahaan dalam mendukung ekonomi hijau di Tanah Air dan diharapkan mengurangi dampak perubahan iklim di masa depan.  Primartono Gunawan memastikan bahwa bisnis yang dilakukan oleh BRI Finance selalu sejalan dengan prinsip ESG demi pembangunan Indonesia yang berkelanjutan.

Perkuat ESG
Ilustrasi aksi tanam pohon. (pixabay)

Selain terkait lingkungan, BRI Finance juga secara konsisten melakukan kegiatan CSR yang mengacu pada penerapan prinsip ESG, yakni aspek sosial di bidang pendidikan. Perseroan berkomitmen turut serta meningkatkan kualitas pendidikan di berbagai level, seperti di tataran sekolah menengah hingga perguruan tinggi.

Contohnya tahun lalu BRI Finance memberikan bantuan di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Terbuka Yayasan Diponegoro Lentera Ilmu, serta peremajaan infrastruktur kelas di Program Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia

Di tahun yang sama, BRI juga mengadakanprogram “BRI Menanam” dengan target penyaluran 1,75 juta bibit pohon produktif kepada nasabah pinjaman, hingga peningkatan penggunaan kendaraan listrik untuk operasional bisnis.

Dukungan lain BRI dalam penerapan ESG adalah dengan mengembangkan UMKM berprinsip ESG dari aspek pembiayaan. Penyaluran kredit berkelanjutan BRI yang mencapai Rp 657,1 triliun pada Kuartal II-2022, sebanyak Rp 74,7 triliun diantaranya disalurkan kepada pembiayaan hijau.

BRI juga mendapat pengakuan dari lembaga pemeringkat Sustainalytics berupa penurunan penilaian tingkat risiko dalam ESG Risk Rating yang dirilis. Skor yang diraih BRI juga tercatat terbaik di kategori industri perbankan di Indonesia.

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com