Senin, 24 Jun 2024

Motor Listrik Nyentrik Buatan PLN Kembali Hadir di IIMS 2024

Keikutsertaan PLN dalam IIMS merupakan tindak lanjut berbagai program pengembangan ekosistem kendaraan mobil maupun motor listrik di Tanah Air.

ESG Indonesia – PT PLN (Persero) kembali ikut serta dalam menyukseskan Gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024. Ini merupakan salah satu wujud komitmen PLN dalam mendukung pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air.

IIMS 2024 sendiri rencananya akan digelar di JIExpo Kemayoran, Jakarta pada 15 – 25 Februari 2024 mendatang. Dalam perhelatan itu, PLN akan mensosialisasikan beragam program hingga dukungan untuk ekosistem kendaraan listrik, salah satunya motor listrik.

Keikutsertaan PLN untuk yang ketiga kalinya ini juga sebagai tindak lanjut berbagai program pengembangan ekosistem kendaraan listrik yang selama ini telah dilakukan perseroan. Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengungkapkan, PLN terus berkomitmen mendukung ekosistem kendaraan listrik terintegrasi di Indonesia.

Kendaraan Listrik subsidi motor listrik
Ilustrasi motor listrik. (pixabay)

Hal itu sejalan dengan penugasan Presiden yang tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) 55 Tahun 2019 untuk mendukung percepatan program kendaraan bermotor listrik berbasis baterai untuk transportasi jalan. Serta penugasan dari Peraturan Menteri (Permen) ESDM 1 tahun 2023 terkait Penyediaan Infrastruktur Pengisian Listrik Untuk Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai.

“PLN sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN), berkomitmen mendukung pemerintah dalam mempercepat ekosistem kendaraan listrik terintegrasi di Indonesia. Hal ini sejalan dengan langkah Pemerintah dalam mencapai Net Zero Emissions (NZE) di tahun 2060 atau lebih cepat,” jelas Darmawan.

Ia menambahkan, dukungan PLN terhadap pertumbuhan mobil motor listrik di Indonesia di antaranya menyediakan pasokan daya yang cukup, penyediaan SPKLU, SPLU, dan SPBKLU, yang terintegrasi pada Aplikasi PLN Mobile guna mendukung kemudahan bertransaksi.

”Dalam hal mendukung ekosistem kendaraan listrik yang terintegrasi sejauh ini, kami telah berhasil menyuplai 1.117 unit SPKLU dan 1.839 unit SPBKLU bagi kendaraan listrik di Indonesia. Dari jumlah itu sebagian besar dimiliki PLN dan sisanya dioperasikan swasta dari listrik PLN,” lanjut Darmawan.

subsidi Motor Listrik
ilustrasi motor listrik. (pixabay)

Vice President Pengelolaan Pemasaran PLN Daniel Lestanto menambahkan, PLN ikut serta di ajang IIMS 2024 dengan menawarkan berbagai macam promo menarik. Salah satunya dengan diskon atau potongan harga untuk pengisian daya kendaraan listrik bagi konsumen.

“Ini untuk memudahkan pemilik kendaraan listrik, jadi kami siapkan lagi tahun ini dan kami buatkan (layanan) plus. Jika kesulitan charger di wilayahnya, masyarakat yang sudah membeli mobil bisa memanfaatkan fasilitas produk Power Up EVent untuk menambah dayanya dengan harga spesial,” terang Daniel.

Daniel menjelaskan, PLN akan memberikan harga spesial untuk peningkatan daya sampai dengan daya 5.500 VA yang harga normalnya sekitar Rp4,2 juta menjadi hanya Rp150 ribu. Selain itu, dengan daya hingga 11.000 VA yang harga normalnya mencapai Rp11 juta menjadi hanya Rp702 ribu.

”Diproyeksikan pertumbuhan kendaraan listrik semakin meningkat dari waktu ke waktu. Untuk itu kami menegaskan bahwa PLN sebagai katalisatornya siap untuk mendukung percepatan penggunaan kendaraan listrik di tanah air,” ujar Daniel.

ESDM
Ilustrasi motor listrik (Pexels)

Presiden Direktur PT Dyandra Promosindo Daswar Marpaung mengutarakan, Gelaran IIMS terus mengalami perkembangan setiap tahunnya seiring perkembangan industri otomotif. Ini terbukti dari semakin banyaknya tipe dan jenis kendaraan yang ada pada saat ini, baik mobil maupun motor listrik. IIMS juga menjadi ajang yang sangat dinantikan bagi peserta otomotif dan pencinta di kalangan komunitas.

“Semaraknya kegiatan otomotif IIMS 2024 kali ini meningkat dengan masuknya 54 brand kendaraan jenis roda dua dan roda empat. Serta dihadiri dan dimeriahkan oleh 187 booth yang menduduki area seluas 133.547 meter persegi, dengan jumlah target pengunjung sebanyak 470 ribu selama 11 hari dan dengan target transaksi sebesar lebih dari Rp 5,3 triliun yang akan dicapai,” ujar Daswar.

Dirinya melanjutkan, Gelaran IIMS 2024 akan menghadirkan susunan acara yang meriah dan fasilitas yang lengkap mulai dari opening ceremony, dilanjutkan press conference dari tiap brand, fasilitas area rekreasi untuk anak, area test ride & test drive bagi motor roda dua dan roda empat, area foodcourt, restroom area, area ibadah, hingga penampilan rangkaian acara Infinite Live & Infinite Show.

Kendaraan Listrik CERIA Ekosistem EV mobil listrik Australia
Ilustrasi Kendaraan Listrik. (pixabay)

Venue akan dibuka pada pukul 11.00 WIB sampai 21.00 WIB pada weekdays (Senin-Kamis) dan pukul 10.00 WIB sampai jam 21.00 WIB di akhir pekan (Jumat-Minggu).

“Dengan full line-up yang menarik, IIMS Infinite Live 2024 akan menampilkan banyak guest star musisi papan atas seperti Kahitna, Ari Lasso, Andre Taulany and Friends, Endah N Rhesa, Saykoji, Maliq & D’Essentials, Mahalini, Tulus, dan Dewa 19 feat. Marcello Tahitoe.

“Seluruh rangkaian kegiatan dan fasilitas yang ada di area IIMS sudah dipastikan akan membuat nyaman serta akan lebih meriah,” sambung Daswar.

IIMS 2024 terbuka bagi siapapun dengan tiket tidak jauh berbeda dari tahun sebelumnya. Harga tiket masuk pada hari pertama dibanderol seharga Rp 150.000, Senin sampai Kamis (weekdays) sebesar Rp 50.000, sedangkan pada hari Jumat hingga Minggu (weekend) sebesar Rp 85.000.

Untuk pengunjung yang ingin merasakan serunya acara Infinite Live, tiket kombinasi yang mencakup Infinite Live sebesar Rp 75.000 pada weekdays (berlaku pada 20 dan 22 Februari) dan Rp 185.000 pada weekend.

 

 

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com