Sabtu, 18 Mei 2024

MIND ID Sukses Pangkas Emisi 618,5 Ton CO2 Sepanjang Tahun 2023

MIND ID Sukses Pangkas Emisi 618,5 Ton CO2 Sepanjang Tahun 2023

ESG Indonesia – Holding BUMN Pertambangan MIND ID terus mendorong pemanfaatan energi baru terbarukan (EBT) dengan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). Sepanjang 2023, Grup MIND ID telah membangun banyak PLTS.

PT Bukit Asam Tbk berhasil memangkas emisi karbon dengan membangun dua PLTS, yaitu PLTS Jalan Tol Bali Mandara dan PLTS di Gedung Airport Operation Control Center (AOCC) Bandara Soekarno-Hatta.

Berkat PLTS tersebut, MIND ID sukses memangkas emisi 618,5 ton CO2 ekuivalen (tCO2e) di sepanjang Januari-Oktober 2023. Jumlah tersebut setara dengan menanam 847 pohon.

PT Bukit Asam Tbk juga telah menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) Sinergi Pengembangan Energi Terbarukan dengan anggota Grup MIND ID lainnya, PT Timah Tbk.

Regulasi ESG di Sektor Pertambangan
Ilustrasi Regulasi ESG di Sektor Pertambangan (Unsplash)

Langkah ini dilakukan untuk menjajaki potensi kerja sama pengembangan PLTS di wilayah operasional PT Timah.

“MIND ID akan terus berkomitmen untuk meningkatkan optimalisasi operasional pertambangan yang sesuai dengan prinsip good mining practice,” kata Sekretaris Perusahaan MIND ID, Heri Yusuf, dikutip dari keterangannya, Jumat, 19 Januari 2024.

Dia menjabarkan, dua anggota MIND ID ini bersinergi untuk upaya-upaya konservasi energi, pengurangan emisi, dan pembangunan berkelanjutan.

Oleh karena itu, PT Bukit Asam Tbk melalui anak perusahaannya, PT Bukit Energi Investama (BEI), akan membangun PLTS untuk mendukung kegiatan operasional PT Timah.

ABM Investama
Ilustrasi tambang batubara (Pexels)

Selain itu, PT Bukit Asam Tbk juga membangun PLTS irigasi di Desa Karang Raja, Kecamatan Muara Enim, Kabupaten Muara Enim.

PT Bukit Asam Tbk juga telah membangun PLTS irigasi di lima titik lokasi lain, yaitu Talawi Mudik (Sawahlunto, Sumatera Barat), Trimulyo (Pesawaran, Lampung), Tanjung Raja (Muara Enim, Sumatera Selatan), Nanjungan (Lahat, Sumatera Selatan), dan Rejosari Mataram (Lampung Tengah, Lampung). Total kapasitas terpasang 6 (enam) PLTS irigasi ini mencapai 192 kWp.

PT Antam Tbk melalui Unit Bisnis Pertambangan Bauksit Kalimantan Barat telah membiayai pemasangan panel surya untuk penerangan di Desa Subah, Kecamatan Tayan Hilir, tempat berdirinya Kampung Wisata Danau Laet. Perusahaan juga membantu pembangunan PLTS di wilayah Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat.

BUMA
Ilustrasi industri pertambangan (Pexels)

“Program elektrifikasi tersebut dilakukan di Kampung Wisata Danau Laet dengan rincian sebanyak 40 lampu di Polindes Desa Sebemban, Kecamatan Tayan Hilir, dan di Rumah Etang Nek Bindang, Kecamatan Toba. PT Antam Tbk memasang masing-masing satu paket PLTS,” tambahnya.

Selain itu terkait akselerasi transisi energi, MIND ID menargetkan 40,2 juta giga joule konsumsi EBT pada 2030. Target ini didasarkan pada baseline konsumsi EBT pada 2021 yang baru mencapai 33,5 juta giga joule dan akan meningkat sebesar 20 persen pada 2030 mendatang.

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com