Sabtu, 18 Mei 2024

Manfaatkan Solar Cell, PalmCo Regional 3 Akselarasi Program Dekarbonisasi

Solar cell menjadi langkah awal PalmCo Regional 3 untuk terus memperluas pemanfaatan sumber energi ramah lingkungan.

ESG Indonesia – Anak perusahaan Holding Perkebunan Nusantara III (Persero) PTPN IV PalmCo Regional 3  mulai memanfaatkan solar cell sebagai bagian dari akselerasi program dekarbonisasi.

Solar cell ini digunakan di taman-taman komplek perkantoran region office untuk mendukung program dekarbonisasi yang telah berjalan selama lima tahun terakhir.

Corporate Secretary and Legal PalmCo Regional 3, Andiansyah Hamdani menjelaskan, pemanfaatan panel surya (solar cell) tersebut sejalan dengan semangat pemerintah untuk mewujudkan Net Zero Emission (NZE) 2060.

Alhamdulillah. Untuk tahap awal, sebanyak 20 instalasi panel surya (solar cell) berkapasitas 2.000 watt telah terpasang. Insya Allah (pemanfaatan solar cell) ini jadi langkah awal kami untuk terus memperluas pemanfaatan sumber energi ramah lingkungan menuju Net Zero Emission 2060,” kata Aan, dalam keterangan tertulisnya.

rich result on google's SERP when searching for 'ESG'
Ilustrasi solar cell. (Pexels)

PalmCo Regional 3, sebelumnya bernama PTPN V, berubah nama usai penggabungan sejumlah anak perusahaan ke dalam PTPN IV sebagai entitas bertahan dan pemisahan tidak murni PTPN III ke PTPN IV.

Dengan perubahan tersebut, PalmCo Regional 3 telah bertransformasi menjadi salah satu perusahaan perkebunan di bawah naungan PTPN Group yang fokus melaksanakan dekarbonisasi, salah satunya dengan pemanfaatan solar cell.

Sejak 2019 silam, perusahaan sebenarnya telah berkomitmen melaksanakan beragam program dekarbonisasi. Mulai dari pembangunan instalasi pembangkit tenaga biogas yang dikonversi sebagai sumber energi listrik maupun cofiring, pemanfaatan kendaraan listrik untuk operasional perusahaan, hingga pemanfaatan pupuk dan musuh alami dalam menekan penggunaan bahan kimia di perkebunan.

Prinsip ESG listrik hijau Desa Mandiri Energi transisi energi
Ilustrasi solar cell. (pixabay)

PalmCo Regional 3 juga memanfaatkan pembangkit tenaga biogas atau PTBg dalam operasionalnya.

Hasil kerja sama dengan berbagai pihak seperti BRIN hingga negara luar ini sukses menjadikan PalmCo Regional 3 sebagai perusahaan yang mengoperasionalkan instalasi pembangkit tenaga biogas terbesar di lingkungan PTPN Group.

Saat ini, ada enam PTBg yang terpasang lingkungan operasional PalmCo Regional 3. PTBg tersebut bekerja dengan memanfaatkan gas metana dari limbah cair kelapa sawit atau palm oil mill effluent (POME) sebagai sumber energi baru terbarukan.

Kendaraan Listrik subsidi motor listrik
Ilustrasi kendaraan listrik. (pixabay)

Selain itu, sejak awal tahun lalu, PalmCo Regional 3 juga telah menggunakan sepeda motor listrik untuk operasional di dalam wilayah perusahaan. Saat ini sepeda motor listrik dimanfaatkan untuk operasional karyawan perusahaan di Kantor Pusat maupun di Distrik perusahaan.

Lebih jauh, terkait pemanfaatan panel surya, Andiansyah yang akrab disapa Aan mengatakan, pihaknya akan memperluas pemanfaatan listrik yang dihasilkan dari matahari tersebut.

Insya Allah akan kita perluas. Saat ini masih dalam tahap kajian. Langkah yang kita tempuh ini sejalan dengan program strategis nasional (PSN) tentang dekarbonisasi PTPN Grup serta selaras dengan komitmen Indonesia dalam melaksanakan,” ungkapnya.

“Kita berusaha menyelaraskan semua kebijakan yang telah ditempuh dalam empat lima tahun terakhir dalam upaya mendukung percepatan transisi energi,” tutup Aan.

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com