Sabtu, 18 Mei 2024

Lakukan Sederet Terobosan Transisi Energi, PLN Raih Green Initiative Awards 2023

Usai raih penghargaan, PLN semakin mengedepankan pembangunan berkelanjutan dalam setiap operasional bisnisnya.

PT PLN (Persero) meraih penghargaan Katadata Green Initiative Awards 2023 untuk kategori Energi/Mining. Penghargaan tersebut diperoleh karena PLN dinilai berhasil menjalankan berbagai inisiatif yang berdampak bagi lingkungan dan berkelanjutan.

PLN juga dinilai berhasil menjalankan inovasi dalam mitigasi risiko lingkungan dengan menerapkan standar kepatuhan yang tinggi dalam pengelolaan lingkungan, yang mengacu pada penerapan SNI ISO 14001:2015 atau ISO 14001:2004 – Sistem Manajemen Lingkungan (EMS) dalam setiap program perusahaan.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo mengatakan, penghargaan ini memacu perusahaannya untuk terus mengedepankan pembangunan keberlanjutan dalam setiap operasional bisnisnya. Hal ini sejalan dengan misi PLN untuk menjalankan usaha yang berwawasan lingkungan sesuai tujuan pembangunan yang berkelanjutan atau sustainable development goals (SDGs).

“Untuk mewujudkan misi tersebut, kami terus memastikan bahwa operasional bisnis kami selalu memperhatikan aspek lingkungan dan masyarakat,” ucap Darmawan dalam keterangan resminya.

Di sisi lain, pihaknya juga mengelola seluruh risiko secara efektif dan efisien untuk memastikan pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan melalui manajemen risiko yang proaktif.

“Dulu tugas utama kami adalah menyediakan layanan listrik, tapi sekarang tugas kami adalah menjaga lingkungan, sementara listrik hanyalah bagian produk kami,” pungkas Darmawan.

Sementara itu, pemerintah sendiri mendorong seluruh perusahaan menerapkan strategi bisnis berkelanjutan memalui 3P (People, Planet, dan Profit)People itu lembaga usahanya, planet itu green-nya, sedangkan profit itu yang berkelanjutan.

Sejalan dengan itu, CEO sekaligus Co-Founder Katadata Indonesia, Metta Dharmasaputra mengatakan, penghargaan ini diberikan kepada perusahaan yang menerapkan berbagai inisiatif untuk meningkatkan dampak bagi lingkungan dan menciptakan sistem yang berkelanjutan.

“Banyak sekali perusahan yang inisiatif untuk merawat bumi ini kemudian menjaga seisinya, karena itu kami sebut ini sebagai Katadata Sustainibility Award. Index keberlanjutan yang menjadi acuan kenapa awarding ini diberikan kepada semua pihak yang melakukan inisiasi baik untuk menjaga Indonesia agar tetap hijau dan tetap nyaman untuk seluruh masyarakat,” tutup Metta.

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com