Minggu, 21 Jul 2024

Foresight Sukses Kumpulkan 300 Juta Euro untuk Dana Transisi Energi

Foresight Group berharap dapat memfasilitasi penerapan lebih banyak energi terbarukan dan pencapaian target net zero.

ESG Indonesia – Perusahaan Inggris yang fokus pada investasi aset riil, Foresight Group, mengumumkan pihaknya telah mengumpulkan dana sebesar 300 juta Euro melalui Foresight Energy Infrastructure Partners II (FEIP II). Dana tersebut merupakan bentuk komitmen perusahaan dalam hal transisi energi.

Berfokus pada nilai jangka panjang, FEIP II diklasifikasikan sebagai dana investasi pada aset energi strategis yang sesuai dengan Peraturan Pengungkapan Keuangan Berkelanjutan (SFRD) Pasal 9 Uni Eropa.

Menurut Foresight, dana tersebut bertujuan untuk menghasilkan pertumbuhan modal dan pendapatan yang stabil melalui diversifikasi portofolio aset infrastruktur di bidang energi seperti pembangkitan listrik energi terbarukan, penyimpanan energi, dan infrastruktur jaringan listrik.

Ilustrasi transisi energi. (pixabay) perubahan iklim dekarbonisasi pemerintah
Ilustrasi transisi energi. (pixabay)

Pihak perusahaan juga menyatakan bahwa strategi FEIP II ditetapkan dengan melihat peluang pasar yang signifikan untuk melakukan dekarbonisasi sistem ketenagalistrikan global yang didukung oleh regulasi yang kuat.

“Kami dengan gembira mengumumkan penutupan pertama dari dana transisi energi andalan kami yang kedua. Dengan dukungan dari para investor, kami berada pada posisi yang tepat untuk melanjutkan momentum penggalangan dana lebih lanjut seiring dengan upaya kami untuk memberikan investasi penting dalam transisi energi di Eropa dan sekitarnya,” ujar salah satu mitra Foresight Group, Dan Wells, seperti dilansir esgtoday.

sdm transisi energi. (pixabay)

Foresight telah menetapkan target penggalangan dana sebesar 1,25 miliar Euro untuk FEIP II, yang diyakini dapat dicapai pada 2025. Sebelumnya FEIP I menyelesaikan periode investasinya pada awal 2024 dengan modal yang dikerahkan lebih dari 1 miliar Euro.

“Kami berharap dapat melanjutkan kesuksesan FEIP I, berinvestasi pada aset-aset energi strategis utama yang menghilangkan hambatan dalam transisi energi, memfasilitasi penerapan lebih banyak energi terbarukan dan pencapaian target net zero,” ujar mitra Foresight Group lainnya, Richard Thompson.

EBT energi baru terbarukan
Ilustrasi energi terbarukan. (pixabay)

“Aset-aset infrastruktur penting ini memiliki nilai jangka panjang dan dikombinasikan dengan pendekatan unik FEIP terhadap konstruksi portofolio, diharapkan dapat memberikan hasil yang disesuaikan dengan risiko bagi para investor kami,” tutupnya.

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com