Senin, 24 Jun 2024

BSI Tower Terapkan Prinsip ESG, Nilai Investasi Capai Rp1,1 Triliun

PT Bank Syariah Indonesia (BSI) resmi memulai pembangunan BSI Tower di kawasan Monas, Jakarta Pusat.

ESG Indonesia – PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) melakukan peletakan batu pertama (groundbreaking) pembangunan gedung kantor baru bernama BSI Tower yang dibangun dengan konsep green building. Adapun total investasi untuk pembangunan gedung ini senilai Rp1,1 triliun.

Direktur Utama PT Bank Syariah Indonesia (BSI) Hery Gunardi mengatakan BSI Tower berkonsep green building merupakan salah satu wujud nyata komitmen perseroan dalam penguatan penerapan prinsip ESG.

Hery menyebut penerapan ESG merupakan kewajiban perusahaan modern dalam menyeimbangkan bisnisnya.

Disamping itu, Hery menyampaikan bahwa kehadiran gedung baru ini pun menjadi penguatan bisnis BSI yang mengacu pada ekonomi berkelanjutan. Sebab, menurut Hery, gedung ini pun di bangun dengan konsep yang ramah lingkungan. Adapun pembangunan kantor baru tersebut merupakan salah satu program yang sejak awal sudah dicanangkan oleh BSI.

“Konsep green building ini sejalan dengan semangat BSI yang senantiasa mengedepankan implementasi environmental, social, and governance (ESG) dalam setiap langkah yang kami lakukan. Selain itu, sebagai bank syariah, BSI juga komitmen pada 3P, yaitu People, Planet, dan Profit, yang mana ini sejalan dengan semangat rahmatan lil alamin yang diajarkan dalam Islam,” ucapnya.

rich result on google's SERP when searching for 'ESG'
Ilustrasi gedung kantor (Pexels)

BSI siap menyongsong masa depan untuk mewujudkan pertumbuhan dan kemajuan yang berkelanjutan sesuai prinsip syariah yang rahmatan lil alamin. Selain itu, ucap Hery, BSI juga fokus dan berkomitmen dalam penyaluran pembiayaan berkelanjutan.

“Hingga September 2023 pembiayaan berkelanjutan di BSI mencapai Rp 53,6 triliun yang didominasi sektor UMKM sebesar Rp 43,4 triliun, disusul pertanian Rp 4,9 triliun, eco-efficient product Rp3,3 triliun, energi terbarukan Rp 1,4 triliun dan proyek eco-green Rp 600 miliar,” lanjut Hery.

rich result on google's SERP when searching for 'ESG'
Ilustrasi gedung kantor (Pexels)

Hery mengatakan beberapa strategi secara konsisten dilakukan di antaranya fokus pada pembiayaan yang sehat dan orientasi jangka panjang, akselerasi business process dan disiplin dalam monitoring kualitas pembiayaan.

Dari sisi internal BSI, saat ini perseroan juga telah memiliki tiga program green activity di antaranya effisiensi energi, pengelolaan limbah dan pengurangan penggunaan kertas.

“BSI telah memiliki green building landmark Aceh, penggunaan solar panel di outlet BSI Mayestik dan Mataram serta kendaraan operasional 35 unit motor listrik,” ucap Hery.

Hery menambahkan BSI juga telah berkontribusi terhadap pengurangan emisi karbon sebanyak 63,4 ton CO2, dan mendaur ulang plastik 17,2 ton limbah plastik hingga September 2023. BSI, lanjut Hery, berkomitmen menyalurkan pembiayaan yang sehat dan berkelanjutan serta memiliki kualitas baik.

rich result on google's SERP when searching for 'ESG'
Ilustrasi gedung perkantoran (Pexels)

Turut hadir dalam seremoni groundbreaking BSI Tower, Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan BUMN tidak salah melakukan investasi di pusat Jakarta, karena kawasan ini ke depannya menjadi salah satu financial center yang diawali dengan membangun dua gedung kembar yakni Menara Danareksa dan BSI Tower.

“Ke depannya setelah ibukota pindah ke IKN, kawasan Monumen Nasional (Monas) akan dihijaukan dan menjadi city center atau kawasan perekonomian. Dengan hadirnya BSI Tower, kami berharap bisa menjadi Financial Center dan menjadi kawasan yang ikonik. BUMN terus menjalankan misinya sebagai agent of change dan berharap BSI terus tumbuh, tetapi tidak hanya tumbuh di Indonesia. Saya berharap sekarang 12 besar dunia dan akan masuk 10 besar dunia,” papar Erick.

Terkait pembangunan BSI Tower, Hery menambahkan bahwa konsep green building diadopsi perseroan karena BSI adalah perusahaan modern yang mengedepankan keberlanjutan (sustainability).

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com