Jumat, 14 Jun 2024

BRI Catat Portofolio Pembiayaan Berkelanjutan Capai Rp 787,9 Triliun

BRI Catat Portofolio Pembiayaan Berkelanjutan Capai Rp 787,9 Triliun

ESG Indonesia – Portofolio pembiayaan berkelanjutan (sustainable financing) PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Tbk terus mengalami peningkatan.

Hingga akhir triwulan I 2024, portofolio sustainable financing BRI mencapai Rp787,9 triliun. Nilai ini setara 66,2 persen dari total kredit yang disalurkan dan portofolio investasi government bond BRI.

Direktur Kepatuhan BRI A. Solichin Lutfiyanto menjelaskan, penyaluran kredit berkelanjutan ini tercatat tumbuh double digit, yakni 10,8 persen secara tahunan (yoy) dari periode yang sama tahun lalu, sebesar Rp710,9 triliun.

Keuangan untuk Orang Tua Tunggal
Ilustrasi Keuangan untuk Orang Tua Tunggal (Unsplash)

“Kredit berkelanjutan, perusahaan tetap berfokus pada penyaluran kredit kepada sektor UMKM, yang mencapai Rp700,1 triliun,” ujar Solichin dalam keterangan resminya dikutip 17 Mei 2024.

Kemudian, kata Solichin, disusul oleh pembiayaan kepada sektor hijau senilai Rp83,1 triliun yang terdiri dari penyaluran kredit kepada sektor pengelolaan sumber daya alam hayati dan penggunaan lahan yang berwawasan lingkungan senilai Rp54,84 triliun, transportasi hijau Rp11,78 triliun, energi terbarukan Rp6,29 triliun, dan sektor Kegiatan Usaha Berwawasan Lingkungan (KUBL) lainnya Rp10,17 triliun.

Mengelola Keuangan Pribadi
Ilustrasi Mengelola Keuangan Pribadi (Unsplash)

“BRI juga memiliki portfolio investasi government bond berbasis ESG senilai Rp4,7 triliun,” tambahnya.

Tidak hanya dari sisi pembiayaan, lanjut Solichin, perusahan juga terus mengupayakan pendanaan berbasis Environmental, Social, dan Governance (ESG). Tercatat, pada triwulan I tahun 2024, perusahaan membukukan total bond outstanding sebesar Rp37,2 triliun, termasuk Green Bond milik perusahaan senilai Rp13,5 triliun yang diluncurkan secara bertahap pada tahun 2022, 2023, dan 2024.

“Penghimpunan dana dan penyaluran kredit ke sektor hijau ini merupakan salah satu upaya perusahaan dalam mencapai target net zero emission (NZE) di tahun 2050,” ujarnya.

Mengelola Keuangan Pribadi Pertamina
Ilustrasi Mengelola Keuangan Pribadi (Unsplash)
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com