Rabu, 19 Jun 2024

BNI Investor Daily Summit 2023, Jokowi Ungkap Kekuatan Ekonomi RI Hadapi Krisis Iklim

Di tengah tantangan konflik geopolitik dan krisis iklim, Presiden Joko Widodo ungkap kunci keberlanjutan dan kekuatan ekonomi Indonesia dalam gelaran BNI Investor Daily Summit 2023.

BNI Investor Daily Summit 2023 resmi dibuka oleh Presiden Joko Widodo pada Selasa (24/10/2023) di Hutan Kota Plataran, Jakarta.  Event tahunan tersebut merupakan salah satu forum ekonomi dan investasi terbesar di Indonesia.

Bertema “Sustainable Growth, Global Challenges” (Mempertahankan Pertumbuhan di Tengah Tantangan Dunia). Forum ekonomi ini akan berlangsung selama dua hari dan mengupas bagaimana kekuatan ekonomi Indonesia dan perannya di kancah global yang tengah menghadapi tantangan, baik konflik geopolitik maupun krisis iklim.

Didampingi oleh Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati, Presiden Joko Widodo dalam sambutannya menekankan bahwa kunci dari keberlanjutan pembangunan Indonesia yaitu dengan memastikan implementasi dari peta jalan yang telah disusun berjalan baik.

“Semuanya peta jalan itu sudah jelas. Tinggal nanti kita ini biasanya dari kunci keberlanjutan itu bukan di kebijakan makronya, bukan di rencana-rencana makronya, tetapi yang lebih penting adalah bagaimana mengawal implementasi,” ujar Presiden.

Presiden juga menjelaskan bahwa kerja detail di lapangan sangat diperlukan guna menjamin implementasi tersebut. Sebab itu, Kepala Negara mendorong setiap kementerian/lembaga membentuk tim pengawas sehingga implementasi di lapangan sesuai dengan kebijakan yang telah diputuskan.

Selain itu Presiden menekankan pentingnya meningkatkan ekspor dan investasi dalam menjaga pertumbuhan ekonomi Indonesia. Kuncinya yaitu dengan menjaga dan meningkatkan ekspor serta investasi, karena basis pertumbuhan ekonomi di Indonesia masih di konsumsi, baik konsumsi pemerintah maupun konsumsi swasta.

Joko Widodo meyakini bahwa kedua hal tersebut merupakan dasar pertumbuhan ekonomi di Tanah Air. “Kita harapkan kalau kita bisa meningkatkan ekspor kita, meningkatkan investasi kita itu yang menjadi dasar bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia,” ujarnya.

 

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com