Selasa, 20 Feb 2024

Berkat PLTS Irigasi, Panen Beras di Desa Karang Raja Melimpah

Dorong pertanian berkelanjutan, PT Bukit Asam bangun PLTS irigasi yang bisa tingkatkan produktivitas petani.

ESG Indonesia – Berkat adanya Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) irigasi dari PT Bukit Asam Tbk (PTBA), petani di Desa Karang Raja bisa panen hingga tiga kali di sepanjang 2023.

Produktivitas pertanian di desa tersebut tidak lepas dari keberadaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya yang dibangun PTBA pada 2023 untuk menghidupkan pompa irigasi.

PT Bukit Asam juga semat turut andil dalam panen beras sehat di Desa Karang Raja, Muara Enim, Sumatra Selatan, pada Jumat (5/1/2024). Pada musim tanam ketiga ini, Desa Karang Raja mampu menghasilkan 5,5 ton beras dari September 2023 hingga Januari 2024. Padahal, wilayah Muara Enim sedang dilanda kemarau pada masa tersebut.

Plt Camat Muara Enim, Husni Thamrin, mengungkapkan manfaat dari PLTS irigasi yang telah beroperasi pada beberapa titik di Kabupaten Muara Enim.

“Air merupakan kebutuhan yang sangat krusial bagi petani. Kalau sudah ada PLTS, harapannya desa-desa lain dapat merasakan manfaatnya juga, sehingga bisa panen di saat yang bersamaan pula,” ujar Husni.

Pertanian Berkelanjutan ilustrasi food estate
ilustrasi pertanian. (pixabay)

Hingga penghujung tahun 2023, Desa Karang Raja mampu melaksanakan musim tanam hingga tiga kali dengan total produksi sebanyak 14,9 ton beras berkat keberadaan PLTS irigasi.

Selain didukung PLTS irigasi, petani Desa Karang Raja juga tidak menggunakan pupuk kimia. Padi yang ditanam menghasilkan beras organik dengan kualitas tinggi.

rich result on google's SERP when searching for 'ESG'rich result on google's SERP when searching for 'ESG'
Ilustrasi Tanaman Padi

AVP Sustainable Economic Social and Environment PT Bukit Asam Tbk (PTBA) Mustafa Kamal mengatakan, saat ini pihaknya tengah membangun beberapa PLTS irigasi lain di Muara Enim.

“Kami tidak akan berhenti membangun PLTS lainnya untuk mendukung prinsip-prinsip berkelanjutan, agar generasi di masa mendatang juga dapat menerima manfaatnya,” kata Mustafa.

Lahan Pertanian
Ilustrasi pertanian (Pixabay)

Dia menambahkan, PLTS irigasi merupakan wujud komitmen Bukit Asam dalam mendukung pertanian yang berkelanjutan.

“Masyarakat bisa menikmati manfaat PLTS dalam operasional irigasi tanaman, mengatasi tantangan yang sering dihadapi oleh petani, terutama pada wilayah dengan sumber daya air yang terbatas,” ucapnya.

Pertanian Berkelanjutan
Ilustrasi pertanian berkelanjutan (Pexels)

Sampai saat ini, jumlah total kapasitas terpasang 6 PLTS irigasi ini mencapai 192 kWp. Tak hanya di Desa Karang Raja, PTBA telah membangun PLTS irigasi di 5 titik lokasi lain.

Kelima titik itu yakni Talawi Mudik (Sawahlunto, Sumatera Barat), Trimulyo (Pesawaran, Lampung), Tanjung Raja (Muara Enim, Sumatera Selatan), Nanjungan (Lahat, Sumatera Selatan), dan Rejosari Mataram (Lampung Tengah, Lampung).

 

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com