Selasa, 20 Feb 2024

Aturan Standardisasi Baterai Motor Listrik di Awal Tahun 2024

Menperin Bakal Keluarkan Aturan Standardisasi Baterai Motor Listrik di Awal Tahun 2024

ESG Indonesia – Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang memastikan bakal mengeluarkan aturan standardisasi baterai motor listrik pada awal Januari 2024.  Agus menyampaikan, hal itu penting agar baterai sepeda motor listrik seregam di seluruh Indonesia.

“Akan ada sebuah terobosan besar mengenai standardisasi baterai untuk motor listrik, mudah-mudahan,” ujar Agus.

ESDM
Ilustrasi motor listrik (Pexels)

Aturan standardisasi ini juga bertujuan untuk pengendara kendaraan roda dua elektrik agar dapat melakukan pengisian daya di berbagai Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang ada.

“Sehingga pengendara motor listrik dari Aceh bisa dengan nyaman berkendara listriknya sampai ke Papua, karena apa? Karena dia yakin bahwa substation yang ada di dalam perjalanannya itu menyediakan standar yang sama, tidak hanya untuk satu merek tertentu,” jelas Agus.

Kendaraan Listrik subsidi motor listrik
Ilustrasi kendaraan listrik. (pixabay)

Lebih lanjut Agus menyampaikan bahwa standardisasi ini harus dilihat berdasarkan apa yang menjadi kebutuhan para pengguna, bukan dari hasil keputusan sebuah organisasi di tingkat atas.

Agus juga mejelaskan bahwa Direktorat Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika Kemenperin akan berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait, termasuk juga bersama PT PLN.

Kendaraan Listrik
ilustrasi motor listrik. (pixabay)

“(Ditjen) ILMATE terus-menerus melakukan pembicaraan, diskusi, dialog dengan berbagai pihak, khususnya di sini adalah dengan industri penghasil motor listrik itu sendiri, dan industri penghasil baterai itu sendiri, dan juga kita bicara dengan PLN,” tutup Agus.

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com