Selasa, 20 Feb 2024

Amerika Serikat Gelontorkan Rp 4 Triliun untuk Pendanaan Proyek Ramah Lingkungan

Amerika Serikat Gelontorkan Rp 4 Triliun untuk Pendanaan Proyek Ramah Lingkungan

ESG Indonesia – Amerika Serikat (AS) menganggarkan US$ 254 juta atau sekitar Rp 4 triliun untuk proyek yang bertujuan mengurangi emisi gas rumah kaca dari industri berat seperti besi, baja, dan semen.

Hampir 50 proyek di 21 negara bagian akan mendapatkan dana sebesar 171 juta dolar AS untuk mempercepat teknologi dekarbonisasi, demikian menurut Departemen Energi AS (Department of Energy/DOE).

Badan ini juga membuka proses aplikasi untuk pendanaan sebesar 83 juta dolar AS untuk mengurangi emisi di industri yang sulit didekarbonisasi.

“Dana tersebut akan membantu memajukan teknologi inovatif yang kita perlukan untuk menurunkan biaya dan meningkatkan efisiensi energi di pabrik-pabrik dan pusat-pusat industri di Amerika,” kata Menteri Energi Amerika Serikat Jennifer Granholm seperti dikutip Reuters, Selasa (30/1/2024).

China
Ilustrasi gedung kantor (Pexels)

Institusi akademis akan memimpin 22 proyek, industri swasta akan memimpin 16 proyek, laboratorium DOE akan memimpin delapan proyek dan kelompok-kelompok nirlaba akan memimpin tiga proyek, demikian kata DOE. Pendanaannya berasal dari alokasi tahunan departemen.

Di antara proyek-proyek yang mendapatkan hibah adalah 10 proyek tentang dekarbonisasi panas industri yang akan mendapatkan 25 juta dolar AS, enam proyek tentang pengembangan komersial teknologi pemanas dan tenaga berbahan bakar hidrogen yang akan mendapatkan 21 juta dolar AS, dan enam proyek tentang dekarbonisasi bahan kimia seperti bahan bakar, polimer, dan cat.

Eropa
Ilustrasi emisi karbon (Pexels)

Tujuh proyek yang berfokus pada dekarbonisasi produksi besi dan baja, termasuk mengatasi tantangan penggunaan hidrogen dalam pembuatan baja, akan mendapatkan hibah sebesar 37 juta dolar AS.

Perubahan iklim
Ilustrasi industri (Pexels)
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com